Ini saat yang tepat untuk bekerja sebagai freelancer. Industri freelancing berkembang pesat, dengan semakin banyak uang yang dikucurkan ke dalamnya. Sudah ada banyak sekali bisnis yang menggunakan industri ini. Jika Anda seorang wirausahawan muda yang sedang naik daun, Anda ingin startup Anda berjalan dengan biaya overhead yang paling rendah, memotong biaya dan melakukan eksternalisasi sebanyak mungkin adalah prioritas No. 1 Anda.

Itulah yang dapat dilakukan industri lepas untuk Anda. Ini adalah katalisator untuk pertumbuhan yang cepat. Tapi ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Terkadang Anda menginginkan perusahaan, di lain waktu Anda hanya membutuhkan satu freelancer. Ada juga bagian dari bisnis Anda yang ingin Anda simpan sendiri, dan bagian yang paling baik dikelola oleh freelancer.

1. Akuntansi

Akuntansi adalah topik yang suram dan tabu yang tidak disukai oleh siapa pun di dunia bisnis. Itu karena akuntansi tidak benar-benar menjadi tajuk berita yang bagus atau rasio klik yang tinggi. ‘Pakar’ suka hype dan berbicara tentang ‘bisnis’ seperti iklan Superbowl: lantang, sederhana, dan penuh warna.

Kenyataannya, jika Anda menjalankan bisnis sendiri, akuntansi harus menjadi hal terpenting bagi Anda. Itulah mengapa Anda membutuhkan akuntan lepas yang bekerja untuk Anda.

Jadi yang Anda inginkan adalah akuntan lepas, yang akan siap membantu Anda 24/7. Sebagai seorang pengusaha, Anda menguasai semua perdagangan terutama akuntansi. Pantau terus denyut nadi bisnis. Mengajukan pertanyaan. Banyak. Jangan takut terlihat bodoh di depan akuntan Anda.

Seorang akuntan lepas akan memberi Anda waktu satu-satu. Anda akan membuatnya terkendali. Anda akan mempelajari lebih lanjut. Pilih freelancer lokal daripada mempekerjakan seseorang yang tidak dapat Anda temui. Ini adalah satu tempat di mana situs freelance tidak terlalu bagus. Namun, Anda dapat menemukan akuntan dengan:

  • Tanya pengusaha lain
  • Memposting pertanyaan di forum akuntansi
  • Memposting listingan di situs pekerjaan
  • Mencari grup Facebook yang terkait dengan kewirausahaan dan akuntansi
  • Membaca blog keuangan dan berinteraksi dengan pengunjung lain

2. Pemasaran

Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO) dan Pemasaran Mesin Telusur (SEM) adalah alat yang hebat, di tangan pakar yang tepat. Jika Anda adalah perusahaan rintisan, pilihlah ‘serigala penyendiri’, jangan menyewa kelompok. Pilih satu freelancer saja.

Yang benar adalah, biaya ahli memang lebih mahal, tetapi jangan tertipu oleh label harganya. Ada banyak ‘ahli SEO’ bodoh yang menghabiskan banyak uang. Pakar SEO sejati mendapatkan hasil – dan hasil adalah satu-satunya hal yang penting. Pastikan Anda menetapkan tujuan untuk pakar Anda dan pastikan gajinya dikondisikan dengan mencapai tujuan tersebut.

Jangan tertipu dengan mempekerjakan ‘pakar media sosial’ atau ‘pakar riset pasar’. Pada dasarnya itu semua hype. Lakukan semua pengelolaan media sosial Anda sendiri.

Faktanya, media sosial tidaklah sulit. Anda hanya perlu bertindak seperti orang sungguhan. Ada banyak tutorial di luar sana tentang cara mengelola Facebook Anda, Twitter Anda, Pinterest Anda, dan setiap profil lainnya. Cobalah untuk membaca sebanyak mungkin dan kemudian mulai bekerja.

3. Desain

Jika Anda mengembangkan situs web untuk membantu bisnis Anda atau seluruh perusahaan Anda bergantung pada situs web e-niaga, Anda harus, dengan segala cara, menggunakan perancang lepas profesional. Dari pembuatan logo hingga desain situs web, hingga spanduk dan selebaran, citra perusahaan Anda benar-benar membuat perbedaan. Ini adalah tempat terbaik kedua untuk menginvestasikan uang Anda, setelah SEO dan SEM.

Pastikan desainer lepas Anda tahu sedikit tentang pengkodean. Desainer hebat biasanya melakukannya. Anda menginginkan desain yang mudah diterapkan, bukan hanya sesuatu yang tampak hebat. Juga, ada baiknya mengetahui apa yang perlu dimiliki situs e-niaga Anda, sehingga Anda tahu apa yang Anda hadapi.

4. Coding

Nah, untuk pengkodean situs Anda, itu adalah cerita yang sama sekali berbeda. Pembuat kode yang hebat biasanya sangat enggan berinteraksi dengan orang lain. Itulah mengapa Anda menginginkan perusahaan freelance. Semakin banyak perusahaan yang mendaftarkan layanan mereka di situs web freelance. Tetapi jika Anda bisa, bekerjalah dengan perusahaan lokal untuk bagian pengkodean. Akan lebih mudah untuk mendorongnya ke arah yang Anda inginkan.

Alasan penting lainnya Anda menginginkan perusahaan, dan bukan pembuat kode lepas adalah kenyataan bahwa Anda membutuhkan antarmuka antara Anda dan pemrogram.

5. Analitik

Ini satu ‘menu makanan’ yang ingin Anda tangani sendiri. Jangan mempekerjakan siapa pun untuk ini. Anda perlu tahu apa arti CPM, CPC, funnel, bounce-rate, dan semua omong kosong aneh lainnya. Sekali lagi, ada banyak tutorial di luar sana.

6. Newsletters (Menulis)

Ini adalah topik yang sangat sensitif. Jika Anda adalah perusahaan rintisan yang mengandalkan penjualan melalui internet, mengumpulkan dan mengelola daftar email adalah cara mutlak untuk berkembang. Membuat buletin kemudian menjadi tugas prioritas tinggi. Baik harian, mingguan, atau bulanan, Anda perlu meluangkan waktu dan secara praktis membuat surat penjualan dari awal setiap kali Anda mengirimkan email ke pelanggan Anda.

Ada beberapa freelancer / wirausahawan hebat di luar sana yang dapat bekerja untuk Anda dalam hal ini. Tapi mereka memiliki tarif yang relative mahal. Bukan itu yang harus dilakukan jika Anda baru memulai. Ini hanya untuk Anda.

Hal pertama yang perlu Anda buat adalah prototipe pelanggan Anda. Jika Anda belum melakukannya, tanyakan kepada pelanggan detail tentang usianya, jenis kelamin, lokasi, dan simpan riwayat tentang seberapa sering dia mengunjungi situs Anda atau membeli dari Anda.

Terus ubah tampilan buletin, setidaknya setiap bulan. Lakukan eksperimen dan perhatikan rasio klik dan rasio terbuka Anda. Anda bisa dengan menerapkan buletin hanya teks, yang ditulis dengan gaya yang personal dan ramah.

7. Blogging

Sama sekali tidak ada alasan mengapa perusahaan Anda tidak boleh memiliki blog. Saya mengerti, Anda benar-benar sibuk melakukan bisnis, Anda tidak punya waktu untuk menulis tentang itu. Maka dari itu carilah freelancer.

8. Layanan Pelanggan (Customer Care)

Inilah satu area yang Anda tidak ingin bekerja dengan orang luar. Anda akan menemukan tenaga kerja lokal yang lebih murah. Dan bahkan jika Anda tidak melakukannya, ada baiknya membayar lebih untuk mendapatkan orang lokal. Layanan pelanggan (CC) pada dasarnya adalah antarmuka antara Anda dan pelanggan. Dengan demikian, CC menciptakan pengalaman pengguna. Dan pengalaman pengguna jangka menengah hingga panjang adalah faktor terpenting dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan perusahaan Anda.

Leave a Comment

Recent Posts

Hubungi Kami

PT Hostingan Awan Indonesia
Komplek Kencana Damai
Jl Anggrek 3 Blok N.17 (30164)
Palembang. Sumatera Selatan

Email: sales@hostingan.id
Telpon: +(62)-811-157-223
WhatsApp: +(62)-811-157-223
Telegram: @hostinganid