- WhatsApp : (+62) 8777-739-2959
- Support : Kirim Ticket
- Sales : Kirim Ticket
- Pembayaran : Kirim Ticket
- Informasi
- Sep 30
5 Alasan Mengapa Digital Branding Itu Penting
Semakin banyak bisnis online bermunculan. Selain lebih mudah, hal ini juga dikarenakan peminatnya yang cukup banyak. Perkembangan signifikan yang didikuti dengan promosi maupun marketing melalui online pula. Biasanya dikenal dengan istilah digital marketing. Namun, hal ini sudah banyak diketahui dan dilakukan oleh pebisnis online. Yang terbaru saatini adalah digital branding.
Lalu, Apakah Itu Digital Branding?
Digital branding yaitu strategi pemasaran secara online yang dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan produk atau jasa melalui identitas atau merek. Digital branding berbeda dengan digital marketing. Digital marketing fokus pada bagaimana kita menwarkan produk/jasa agar lebih diminati dan meningkatkan penjualan. Sedangkan digital branding dilakukan untuk mengenalkan produk dalam rangka mempromosikan atau membentuk citra baik dan mudah diingat oleh konsumen.
Meski terlihat sepele, digital branding perlu dilakukan agar produk yang ditawarkan mudah dikenal, diingat dan memiliki nilai lebih di mata pelanggan. Dalam digital branding memungkinkan pebisnis dalam menjelaskan karakteristik produk dan membangun koneksi dengan pelanggan. Sehingga produk mempunyai identitas dan eksistensi ditengah banyaknya persaingan dengan competitor yang terus bertambah.
Manfaat Digital Branding
Melalui artikel ini, kita akan membahas manfaat – manfaat lain dari digital branding, yaitu
1. Memperluas Pasar
Digital branding yang kuat dan menarik mampu untuk memperluas pasar. Maka kalian harus memanfaatkan platform ini sebaik mungkin agar produk menjadi familiar dan semakin dikenal masyarakat luas.
Jika produk kalian sudah familiar, bukan hanya calon pelanggan yang akan teratrik, namun calon investor baru juga akan tertarik untuk bergabung dengan kalian. Kemudian akan terjalin Kerjasama agar bisnis semakin besar dan luas.
2. Meningkatkan Awareness Terhadap Banyak Orang
Hal ini diperlukan, agar calon pelanggan merasa aman dengan produk kalian. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan influencer atau selebgram di media sosial. Bisa juga dengan memanfaatkan akun media sosial brand kalian dengan konten yang unik. Cara ini cukup ampuh dalam melakukan branding. Itulah sebabnya banyak sekali influencer atau selebgram yang membuat caption atau content tentang produk yang mereka endorse.
3. Menjadi Media Promosi Efektif
Pebisnis tidak perlu memasang iklan, baliho, menyebar brosur dan bahkan selebaran hanya untuk promosi. Semuanya bisa dilakukan secara online yang tentunya lebih mudah, murah dan efektif. Bentuk promosi terserah pada kalian. Apakah itu promosi dalam bentuk video, gambar, testimoni dan lain – lain.
4. Membangun Interaksi
Branding yang dilakukan secara digital maupun online membantu para pelanggan berinteraksi dengan pebisnis dengan mudah. Karena dilakukan tanpa tatap muka, calon pelanggan biasanya lebih leluasa dalam menanyakan secara detail terkaait produk. Impactnya adalah terjalin hubungan yang baik antara calon pelanggan dan pebisnis.
5. Meningkatkan Daya Tarik Konsumen
Seiring waktu berjalan, calon pembeli saat ini semakin cerdas. Beberapa dari mereka melakukan pencarian terkait produk yang ditawarkan untuk mencari tahu tentang reputasi produk. Pencarian ini seperti ulasan dan review produk untuk mengetahui seberapa berkualitas produk yang akan dibeli dan bagaimana reputasinya di mata umum. Jika ada banyak ulasan negative atau reputasi buruk, hal ini akan membuat pelanggan pergi.
Maka dari itu, pebisnis harus menciptakan branding yang unik, mudah diingat dan berkualitas agar pelanggan percaya dan tidak beranjak pergi.
Kesimpulan
Selain manfaat – manfaat diatas masih banyak lagi kelebihan yang bisa kalian dapatkan dalam digital branding. Jadi, jangan ragu untuk membuat digital branding untuk bisnis kalian. Dan buatlah branding yang bagus dan positif agar bisa merasakan manfaatnya secara maksimal.
Related Posts
Pengertian Email Marketing
Salah satu strategi cara untuk menaikkan penjualan serta meningkatkan brand awareness adalah dengan email marketing. Lalu, bagaimana cara untuk menaikkan penjualan dengan email marketing? Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa strategi dan juga tools…
- Jun 26
Shadowban: Apa Itu? dan Cara Menghindarinya
Pernahkah Anda mendengar istilah Shadowban? Istilah ini sering muncul di dunia media sosial dan bisa jadi sangat mengganggu bagi Anda yang aktif di platform tersebut. Tapi, tenang saja! Kami di sini untuk membahas apa itu shadowban…
- May 24
Latest Post
Cara Membuat CTA yang Efektif di Media Sosial untuk Affiliate Marketing
- September 27, 2024
Meningkatkan Affiliate Revenue dengan Review Produk di Blog
- September 26, 2024
Membuat Lead Magnet untuk Affiliate Marketing di Web dan Sosial Media
- September 25, 2024
Strategi Content Marketing untuk Affiliate di Website dan Media Sosial
- September 24, 2024
Komentar Terbaru
- M Iqbal Hidayatullah on Memasang Watermark Pada Gambar Secara Otomatis di WordPress
- M Iqbal Hidayatullah on Membuat Artikel Masuk Dalam Halaman Pertama Google
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Upload Gambar WebP di WordPress Tanpa Plugin
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link