HomeBlogInformasiApa Itu AIDA Marketing

Apa Itu AIDA Marketing

Pemasaran atau marketing merupakan bagian penting dari sebuah bisnis. Beda strategi marketing yang diaplikasikan, beda pula hasil yang akan diperoleh. Jika kamu telah mencoba berbagai strategi tetapi belum memperoleh hasil maksimal, coba pertimbangkan AIDA marketing.

Apa Itu AIDA Marketing?

AIDA marketing adalah akronim dari Attention, Interest, Desire, serta Action. Yaitu sebuah strategi pemasaran yang akan mengidentifikasi tahapan kognitif konsumen ketika dalam proses pembelian produk atau layanan yang ditawarkan.

Dalam keempat tahapan tersebut, konten yang kamu ciptakan akan menarik perhatian konsumen pada brand lalu mereka akan mulai tertarik pada produk atau layanan yang kamu tawarkan. Kemudian, mereka akan tergerak untuk memilikinya serta melakukan pembelian. 

AIDA marketing banyak diaplikasikan dalam berbagai campaign iklan karena mampu mempengaruhi konsumen serta mengubah audiens menjadi pembeli, bahkan jadi customer setia. Tertarik untuk mencoba konsep marketing ini pada iklan Google Ads yang kamu lakukan?

Bagaimana Cara Mengaplikasikan AIDA Marketing?

Sebenarnya, prinsip pemakaian teknik marketing satu ini terbilang mudah.  Namun, kamu harus memahami tahapan-tahapan apa saja yang wajib dilalui agar hasilnya sesuai dengan harapan kamu. Dengan begitu, kamu dapat mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan strategi pemasaran tersebut memakai digital marketing metric.

Berikut ini merupakan cara kerja dari AIDA yang akan membantu bisnis memperoleh lebih banyak penjualan melalui peningkatan jumlah customer.

Attention – Menarik Perhatian

Huruf pertama pada kata AIDA adalah A yaitu attention atau perhatian. Agar calon customer benar-benar tergiring dengan iklan brand kamu, hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah menarik perhatian mereka. Ada berbagai cara yang dapat dicoba seperti memberikan pertanyaan yang provokatif ataupun mengiklankan produk terbaru.

Ingin menarik lebih banyak audiens website kamu? Untuk tujuan tersebut, kamu dapat memakai content marketing yang efektif. Akan tetapi, konten yang kamu buat harus dapat membantu mereka menemukan solusi terbaik sehingga bisa memenuhi kebutuhan mereka.

Interest – Memunculkan Ketertarikan

Ketika seseorang tertarik dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan, mereka mempunyai keinginan untuk mempelajari lebih lanjut brand kamu. Agar dapat sampai ke tahap ini, konten yang kamu buat harus persuasif serta menarik.

Desire – Merangsang Keinginan

Tahap ketiga dalam AIDA marketing merupakan desire, di mana teknik atau strategi pemasaran serta promosi kamu harus dapat merangsang audiens untuk membeli atau memperoleh produk atau layanan kamu.

Di sini, kamu mempunyai tantangan untuk mengubah mindset customer dari saya menyukai produk atau layanan tersebut berubah menjadi saya menginginkannya.

Action – Memulai Tindakan

Tahap terakhir dari AIDA marketing merupakan action atau tindakan, di mana konsumen akan melakukan sebuah tindakan. Umumnya, mereka akan melakukan tindakan apabila sudah memperoleh informasi yang dibutuhkan mengenai brand, produk, atau layanan kamu. Oleh sebab itu, kamu harus memotivasi dan menstimulasi mereka untuk melakukan sebuah tindakan.

Kelebihan dan Kekurangan dari AIDA Marketing

Seperti strategi marketing lainnya, AIDA marketing juga tiba dengan kelebihan serta kekurangannya. Untuk memastikan apakah konsep AIDA sesuai untuk bisnis kamu atau tidak, kamu dapat mempertimbangkan kelebihan serta kekurangan AIDA berikut ini:

Kelebihan

  • Konsepnya sederhana sehingga mudah diterapkan
  • Desain yang lugas membuat AIDA tidak akan lekang oleh waktu
  • Membantu meningkatkan jumlah konversi serta customer baru

Kekurangan

  • Sulit untuk mengukur tingkat kesetiaan customer lantaran data setelah penjualan yang kurang
  • Tidak dapat digunakan sebagai strategi pemasaran tunggal
  • Kurang efektif untuk rencana yang memiliki  jangka panjang

Kesimpulan

Terlepas dari strategi marketing yang akan kamu terapkan, kamu pasti mempunyai tujuan yang sama yaitu meningkatkan penjualan yang berpengaruh pada peningkatan pendapatan. Tetapi, dengan berbagai kelebihan serta kekurangan AIDA marketing, kamu tidak dapat hanya mengandalkan konsep AIDA saja.

Bagaimana pun juga, upaya pemasaran yang kamu lakukan wajib memberikan hasil yang sesuai dengan tujuan bisnis yang sudah kau buat. Selain itu, strategi marketing harus dapat memberikan hasil jangka pendek maupun jangka panjang yang bagus.

Itulah pembahasan kami mengenai AIDA Marketing. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu untuk lebih memahami AIDA Marketing dan semoga kamu mampu menerapkannya dalam bisnis kamu.

Sekian dan Terima Kasih.

See You!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *