Saat ini podcast sangat populer di kalangan masyarakat. Mereka mendengarkan podcast untuk beragam keperluan. Baik untuk keperluan hiburan, refernesi, materi bisnis dan lain – lain. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis bagi kalian dengan meluncurkan podcast sendiri.

Meluncurkan podcast adalah cara yang bagus untuk menjangkau audiens Anda dan dengan alat dan teknologi yang tersedia saat ini. Anda tidak perlu menjadi teknisi audio atau ahli teknis untuk memulai. Selain itu, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Mari kita lihat apa yang Anda butuhkan untuk memulai podcasting secara gratis.

Merencanakan Podcast Anda

Saat Anda berpikir untuk memulai podcast, Anda pasti tergoda untuk langsung bergabung dan mulai merekam episode pertama Anda. Tetapi jika Anda berada di dalamnya untuk jangka waktu yang lama, Anda perlu membuat perencanaan terlebih dahulu.

Hal pertama yang perlu Anda putuskan adalah apa yang Anda inginkan dalam podcast Anda:

Mendatangkan pelanggan baru ke dalam bisnis Anda?

Perluas lingkaran pengaruh Anda?

Menghibur dan mendidik pendengar Anda?

Semua yang di atas?

Memiliki tujuan dalam pikiran saat Anda mulai membuatnya. Akan lebih mudah untuk memilih di antara opsi yang berbeda saat Anda melanjutkan karir podcasting Anda.

Memilih Topik dan Nama

Anda harus memilih topik untuk podcast Anda. Ada beberapa podcast dengan tema umum yang berhasil, tetapi jauh lebih mudah untuk memilih tema yang unik.

Cara terbaik untuk memulai adalah dengan fokus pada topik yang sempit tetapi pilih nama yang akan memungkinkan Anda berkembang menjadi topik yang lebih luas.

Dengan begitu, Anda dapat mulai mengembangkan audiens dengan orang-orang yang tertarik dengan topik tertentu, tetapi Anda bisa menjadi lebih kreatif saat acara Anda semakin populer.

Hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan saat memilih nama podcast Anda adalah nama domain situs web Anda. Cobalah untuk menemukan nama yang dapat Anda daftarkan sebagai alamat yang sama persis untuk situs web tersebut. Misalnya Podcastbaru.com.

Domain .com selalu merupakan pilihan terbaik, tetapi jika Anda bisa mendapatkan nama yang Anda inginkan dengan ekstensi lain seperti .co atau .fm, itu layak dipertimbangkan.

Atau, Anda dapat menggunakan URL halaman acara yang disediakan oleh penyedia hosting podcast Anda.

Uji Nama Sebelum Anda Meluncurkan

Setelah Anda memilih nama untuk podcast Anda, ada baiknya untuk mengujinya pada beberapa orang sebelum Anda memulai sepenuhnya.

Bagikan nama dengan teman dan keluarga, di media sosial, di forum, dan di mana pun Anda bisa mendapatkan masukan. Tanyakan pendapat orang tentang podcast berdasarkan namanya dan apakah akan menarik perhatian mereka jika melihatnya disebutkan.

Memilih Format Pertunjukan Anda

Jika Anda mendengarkan banyak podcast, Anda mungkin memperhatikan bahwa ada banyak format berbeda yang dapat dipilih. Beberapa podcast adalah gaya wawancara dengan tamu berbeda di setiap episode. Yang lainnya memiliki dua pembawa acara yang membahas topik episode.

Beberapa bahkan satu pembawa acara yang menyampaikan berita atau informasi lain tentang topik podcast. Dan selama beberapa tahun terakhir, podcast berbasis cerita seperti Welcome to Night Vale telah menjadi populer.

Satu format tidak lebih baik dari yang lain tetapi Anda harus memilih salah satu yang tidak akan membuat Anda bosan dalam waktu dekat. Tidak ada yang mengatakan Anda tidak dapat mengubah format, tetapi pendengar Anda akan terbiasa dengan jenis acara tertentu sehingga perubahan terkadang dapat memengaruhi pendengar Anda.

Naskah atau Tanpa Naskah?

Beberapa format, seperti fiksi berbasis cerita, membutuhkan naskah untuk dikerjakan sementara yang lain, seperti wawancara, sebagian besar akan dibuat tanpa persiapan.

Baik Anda bekerja dari naskah atau tidak, selalu merupakan ide yang bagus untuk membuat kerangka acara Anda dan beberapa catatan acara untuk dikerjakan. Dengan begitu, jika Anda menemukan diri Anda kehabisan pertanyaan untuk mengatakan hal berikutnya atau pertanyaan berikutnya untuk diajukan, Anda punya tempat untuk berpaling.

Memutuskan Jadwal Pertunjukan

Hal penting lainnya untuk diputuskan di awal adalah jadwal seperti apa yang ingin Anda ikuti. Mungkin Anda tergoda untuk menetapkan jadwal yang ambisius seperti mingguan atau setiap beberapa hari saat Anda pertama kali memulai, tetapi pastikan Anda dapat mengikuti jadwal apa pun yang Anda pilih.

Pendengar Anda akan menjadi rutinitas ketika mereka mulai mendengarkan acara Anda secara teratur. Jika Anda memberi tahu mereka bahwa episode baru dirilis setiap minggu dan Anda melewatkan satu atau dua minggu, Anda mungkin mendapatkan banyak email atau pesan media sosial yang menanyakan tentang acara yang “hilang”.

Dan jika Anda terlalu sering melewatkan jadwal, Anda bisa kehilangan pendengar.

Mendesain Seni Sampul

Seni sampul untuk podcast Anda adalah apa yang kebanyakan orang akan perhatikan pertama kali. Anda tidak boleh menilai buku dari sampulnya, tetapi kenyataannya, kebanyakan orang begitu.

Seni sampul Anda harus menyampaikan topik umum acara Anda serta menarik perhatian orang saat mereka memindai melalui direktori podcast seperti Apple atau Google Podcasts. Ini juga harus berukuran setidaknya 1.400 x 1.400 piksel sehingga dapat diambil di berbagai situs mendengarkan podcast.

Jika Anda tidak memiliki keterampilan artistik untuk membuat sesuatu sendiri, pertimbangkan untuk mendapatkan bantuan dalam tahap ini. Jika Anda mengenal seorang seniman yang dapat menggabungkan seni sampul Anda, silakan bertanya. Jika Anda tidak mengenal seseorang, tanyakan pada sekolah menengah atau sekolah seni setempat untuk mengetahui apakah mereka memiliki siswa yang mencari cara untuk menambahkan ke portofolionya.

Cara gratis yang bagus untuk membuat seni sampul adalah dengan menggunakan beberapa dari berbagai template gratis yang ada di website tertemtu misalnya canva.com.

Setelah acara Anda mulai menghasilkan pendapatan, Anda dapat menginvestasikan kembali sebagian ke karya seni profesional melalui situs web seperti 99 Desain, tetapi hingga saat itu, cobalah untuk menemukan artis yang dapat membantu alih-alih pergi ke jalur do-it-yourself.

Musik Intro dan Outro

Musik intro dan outro membantu memberi merek pada podcast Anda, jadi ada baiknya untuk menerapkannya pada episode pertama Anda. Lagu tidak harus panjang (dan tidak boleh), tetapi harus menarik dan nada yang sesuai untuk topiknya.

Hal terpenting yang harus diingat tentang penggunaan musik di podcast Anda adalah jangan menggunakan lagu berhak cipta. Lagu dari band favorit Anda itu mungkin cocok untuk apa yang ingin Anda sampaikan, tetapi mendistribusikan podcast dengan musik tanpa lisensi bisa menimbulkan masalah.

Anda dapat dengan cepat menemukan diri Anda dalam kekacauan hukum tanpa jalan keluar kecuali penyelesaian yang mahal.

Tip: YouTube memiliki berbagai suara dan musik yang dapat Anda unduh secara gratis.

Peralatan Perekaman

Diskusi tentang cara memilih peralatan rekaman terbaik untuk podcast Anda dapat mengisi seluruh buku. Jika Anda menghabiskan waktu untuk meneliti topik ini secara online, Anda akan segera menemukan rekomendasi yang akan menghabiskan biaya ratusan ribu atau bahkan jutaan.

Tak satu pun dari itu diperlukan untuk memulai. Jika Anda memiliki PC yang cukup mutakhir atau ponsel cerdas yang dirilis kapan saja dalam beberapa tahun terakhir, Anda memiliki semua yang Anda butuhkan untuk memulai.

PC modern biasanya memiliki mikrofon internal, terutama jika Anda bekerja menggunakan laptop. Dan semua ponsel cerdas memiliki mikrofon bawaan. Mikrofon ini tidak akan merekam dengan kualitas yang sama dengan sesuatu yang harganya mahal, tetapi pendengar Anda lebih tertarik pada apa yang Anda katakan daripada bagaimana Anda mengucapkannya.

Hal yang sama berlaku untuk peralatan perekam mewah seperti kompresor, antarmuka digital, dan sejenisnya. Tidak satu pun dari hal itu yang diperlukan untuk memulai podcast Anda. Setelah menghasilkan uang, Anda dapat melihat kembali peralatan Anda dan mulai menginvestasikan kembali hal-hal yang akan meningkatkan kualitas suara.

Merekam dan Mengedit Software

Software mirip dengan peralatan perekam. Anda dapat menghabiskan jutaan untuk aplikasi kelas atas tetapi tidak perlu melakukannya saat Anda memulai.

Jika Anda menggunakan PC Windows, Anda juga memiliki opsi gratis. Audacity adalah editor audio gratis yang tersedia untuk Windows dan macOS. Dan terlepas dari biayanya, ini adalah salah satu opsi yang lebih kuat sehingga Anda dapat terus menggunakannya saat kebutuhan Anda meningkat.

Jika Anda memiliki tamu podcast yang tidak duduk di seberang Anda, Anda juga memerlukan perangkat lunak untuk berkomunikasi bolak-balik dengan mereka. Sebagian besar podcast – baru atau yang sudah mapan – menggunakan Skype untuk tujuan ini. Skype dapat digunakan secara gratis untuk panggilan Skype ke Skype sehingga Anda dapat mengobrol dengan tamu dari mana saja di dunia. Jika Anda ingin merekam video untuk didistribusikan ke YouTube dan lainnya, Anda dapat menggunakan Zoom versi gratis.

Perangkat lunak perekaman Anda dapat merekam percakapan Skype tetapi setelah Anda memiliki sedikit uang untuk dibelanjakan untuk perluasan, Anda bisa mendapatkan aplikasi yang merupakan perekam Skype khusus. Ecamm Recorder untuk macOS dan Pamela untuk Windows merekam percakapan Skype menjadi file audio yang dapat Anda impor ke editor untuk pengeditan terakhir.

Distribusi dan Promosi

Distribusi dan promosi podcast Anda adalah tahapan penting. Episode podcast terbaik yang pernah direkam tidak ada artinya jika tidak ada yang bisa mendengarnya.

Ada dua langkah untuk mendistribusikan podcast Anda. Anda perlu menyimpan audio di suatu tempat dan kemudian Anda perlu menambahkan acara Anda ke direktori podcast sehingga audiens Anda dapat menemukan dan mengunduhnya.

Mempromosikan Pertunjukan Anda

Setelah acara Anda terdaftar di direktori utama, Anda harus mulai mempromosikannya agar orang tahu cara mencarinya. Sebarkan berita di mana pun Anda bisa.

Jika Anda memiliki pengikut di Twitter, Instagram, atau platform media sosial lainnya, mulailah membicarakan acara Anda di sana. Posting link ke episode baru saat dirilis dan arahkan orang ke listingan di direktori podcast.

Anda juga harus menyorot pertunjukan di situs web Anda. Jika Anda menulis blog, pastikan Anda menambahkan postingan untuk setiap episode baru. Tambahkan link untuk berlangganan acara di direktori utama ke setiap halaman di situs Anda.

Anda juga dapat mengonversi episode podcast Anda menjadi video dengan menggunakan gambar bersama dengan audionya lalu mengunggahnya ke YouTube. Orang-orang dapat mendengarkannya di YouTube, yang menjadi direktori podcast tidak resmi lainnya untuk Anda.

Dan banyak orang menelusuri YouTube untuk hal-hal yang mereka minati sehingga ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menjangkau pemirsa yang lebih luas.

Memilih Hosting untuk Meluncurkan Podcast

Dengan pertumbuhan podcasting, banyak layanan hosting yang bermunculan selama beberapa tahun terakhir. Kebanyakan dari mereka memiliki biaya bulanan untuk menggunakan layanan ini, beberapa di antaranya cukup tinggi.

Beberapa dari mereka menawarkan paket gratis, tetapi mereka memiliki batasan signifikan pada berapa jam audio yang dapat Anda simpan dan berapa banyak bandwidth yang dapat Anda gunakan setiap bulan. Jika acara Anda menjadi populer dari jarak jauh, Anda mungkin perlu paket yang berbayar.

Saat acara Anda berkembang dan mulai menghasilkan pendapatan, Anda dapat meningkatkan ke paket berbayar untuk mendapatkan fitur tambahan tetapi tingkat gratis memberi Anda semua yang Anda butuhkan untuk memulai.

Belum Terlambat untuk Memulai

Sepertinya pasar podcast terlalu ramai untuk acara baru keluar dan menjadi populer. Jangan menipu diri sendiri, tidak ada waktu yang lebih baik dari sekarang untuk meluncurkan podcast.

Lebih banyak orang mendengarkan podcast daripada sebelumnya dan ada banyak topik yang belum tersentuh hanya menunggu pertunjukan yang bagus untuk dimainkan. Dengan tingkat teknologi yang tersedia dan alat dan layanan gratis yang Anda miliki, Anda dapat memulai hari ini tanpa biaya selain sebagian waktu Anda.

Leave a Comment

Recent Posts

Hubungi Kami

PT Hostingan Awan Indonesia
Komplek Kencana Damai
Jl Anggrek 3 Blok N.17 (30164)
Palembang. Sumatera Selatan

Email: sales@hostingan.id
Telpon: +(62)-811-157-223
WhatsApp: +(62)-811-157-223
Telegram: @hostinganid