Tahukah Anda bahwa saat ini Internet memiliki sekitar 3,3 miliar halaman terindeks. Kondisi ini akan terus bertambah? Itu berarti 33 miliar tautan ke konten web yang membingungkan, dengan asumsi setiap halaman memiliki 10 entri.

Jika Anda seorang pembaca, itu berarti lebih banyak informasi daripada yang dapat Anda konsumsi seumur hidup. Jika Anda seorang pembuat konten online, itu setidaknya satu juta kali lebih besar daripada persaingan yang mungkin Anda pikirkan saat pertama kali beralih ke Internet untuk mencari penghasilan. Tentu saja, angka itu mencakup setiap konten yang ada.

Itulah sebabnya, sebagai pembuat konten, tidak cukup lagi menjadi “unik” di Internet. Jika itu masalahnya, maka hanya perlu menambahkan satu poin penting ke entri blog orang lain, atau menambahkan satu informasi menarik lagi ke infografis orang lain, yang diperlukan untuk menonjol di web (karena konten yang diubah tujuannya masih secara teknis “unik”) .

Tidak, Anda pasti tak ada bandingannya. Kamu harus:

1. Buat Panduan Utama

Membuat panduan utama adalah cara yang hampir sangat mudah untuk membuat pembaca tetap terhubung dengan konten Anda. Itu karena kata “akhir” menunjukkan bahwa panduan Anda adalah artikel lengkap tentang segala hal yang perlu diketahui oleh target pembaca tentang topik Anda.

Karena itu, Anda harus mengingat beberapa peringatan saat membuat jenis konten ini. Pertama, pastikan “pemandu utama” Anda memenuhi janjinya. Itu berarti Anda tidak dapat mengabaikan satu pun detail penting tentang topik Anda, karena jika tidak, Anda akhirnya akan mengubah pembaca Anda.

Kedua, tidak ada ruginya untuk sesekali menulis judul yang lebih kreatif. Ketiga, panduan utama bagus untuk sebagian besar, tetapi seperti yang lainnya, terlalu banyak hal yang baik bisa menjadi buruk.

2. Dukung Poin Anda Dengan Pendapat Ahli

Untuk membumbui panduan utama Anda, atau jenis konten lainnya, tambahkan sedikit pendapat ahli, apakah itu milik Anda, atau milik orang lain.

Jika orang tersebut adalah orang lain, temukan orang yang benar-benar memiliki pengetahuan tentang topik yang Anda pikirkan. Daripada seseorang yang hanya memiliki minat biasa saja dan wawancarai dia. Anda dapat memancing narasumber melalui teman, keluarga, kenalan, dan bahkan kontak media sosial Anda. Lebih baik jika Anda mencoba membangun hubungan yang baik dengan orang yang Anda wawancarai terlebih dahulu, tetapi jika Anda terdesak waktu, Anda dapat mengatur wawancaranya segera.

Sebaliknya, jika Anda adalah ahli dalam materi Anda sendiri, Anda jelas lebih mudah melakukannya. Yang harus Anda lakukan adalah mendiskusikan topik yang Anda minati dengan cara yang jelas, informatif, dan menarik bagi pembaca yang tidak tahu apa-apa, dan Anda siap melakukannya.

3. Tulislah Riset Tangan Pertama Terperinci

Selain pendapat ahli, Anda dapat menggunakan penelitian ilmiah untuk meningkatkan konten Anda. Anda tidak memerlukan gelar sains, atau bahkan laboratorium swasta untuk melakukan penyelidikan ilmiah. Jika Anda ingin tahu, analitis, banyak akal, dan cukup gigih, Anda dapat melakukannya sama seperti orang-orang yang mencari penghasilan dari itu. Menurut Anda, bagaimana lagi para ilmuwan awal melakukan pekerjaan mereka tanpa alat modern?

Nyatanya, Anda mungkin sedang melakukan penelitian ilmiah sekarang, bahkan tanpa menyadarinya! Jika Anda suka menggeneralisasi berdasarkan pengamatan pribadi, atau Anda cenderung bertanya “Mengapa?” pertanyaan tentang segala hal, Anda dapat menggali topik yang Anda minati lebih dalam dari siapa pun, berbagi detailnya dengan seluruh dunia, dan memuaskan keingintahuan Anda (dan semua orang).

Misalnya, Anda ingin mengetahui berapa penghasilan freelancer secara umum. Anda dapat mengungkap ini dengan meminta teman freelancer Anda untuk menjawab survei atau memposting pertanyaan di forum tempat freelancer biasanya berkumpul. Jawaban mereka mungkin tidak mencerminkan pandangan para freelancer di seluruh dunia, tetapi ini adalah tempat yang baik untuk memulai jika Anda ingin membuat poin yang kuat di entri blog / infografis / video / podcast Anda tentang penghasilan freelancer.

4 Ceritakan Sesuatu

Jika ada satu bentuk konten yang dapat menarik perhatian orang lebih baik dari yang lain, itu adalah sebuah cerita.

Sejak zaman kuno, orang telah menggunakan cerita untuk memahami dunia, mewariskan pengetahuan dari generasi ke generasi, dan untuk menghibur. Cerita mudah diingat karena, meskipun semuanya mengikuti pola dasar yang sama (yaitu awal> konflik> klimaks> kesudahan> akhir), masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Itulah mengapa sebenarnya tidak ada cerita “baik” atau “buruk”; hanya cerita yang dapat Anda hubungkan, dan cerita yang tidak dapat Anda kaitkan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menampilkan konten Anda sebagai sebuah cerita, buatlah itu unik dan pada saat yang sama dapat dihubungkan. Anda dapat membaca artikel ini untuk detail lebih lanjut tentang cara menjadi pendongeng yang lebih baik.

Mengapa Harus Repot dengan Semua Ini?

Seperti yang Anda lihat, semua ini membutuhkan lebih banyak usaha daripada pencarian cepat di Google. Mungkin akan lebih baik jika tingkat produksi konten Anda tidak melakukan semua ini sama sekali. Namun jika Anda benar-benar peduli dengan pembaca Anda, dan tentang mengubah Internet menjadi sesuatu yang lebih dari sekadar penampungan limbah untuk konten daur ulang, pintasan bukanlah pilihan.

Leave a Comment

Recent Posts

Hubungi Kami

PT Hostingan Awan Indonesia
Komplek Kencana Damai
Jl Anggrek 3 Blok N.17 (30164)
Palembang. Sumatera Selatan

Email: sales@hostingan.id
Telpon: +(62)-811-157-223
WhatsApp: +(62)-811-157-223
Telegram: @hostinganid