Banyak orang memiliki beberapa akun Google Drive – katakanlah, untuk pekerjaan dan penggunaan pribadi – tetapi Google tidak mengizinkan Anda menjalankan dua aplikasi Google Backup dan Sync pada satu PC. Oleh karena itu, pengguna telah membayar aplikasi pihak ketiga hanya untuk menyinkronkan beberapa akun Google Drive secara bersamaan.

Namun, menurut saya, membayar fitur yang seharusnya ditawarkan oleh Google bertahun-tahun lalu (seperti Dropbox) tidak terasa tepat. Jadi, setelah banyak eksperimen, saya berhasil menemukan solusi sederhana yang memungkinkan Anda menyinkronkan beberapa akun secara bersamaan tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut langkah- langkahnya

Gunakan akun pengguna yang berbeda

Anda hanya perlu membuat akun pengguna lain di Windows dan membuka aplikasi desktop Google Drive lain di bawah hak istimewa akun baru.

Windows memungkinkan Anda untuk membuka aplikasi lain dari sebagian besar aplikasi di akun yang sama selama itu dibuka di bawah hak istimewa akun pengguna yang berbeda.

Di bawah ini saya akan menunjukkan kepada Anda cara membuat akun pengguna baru dan kemudian membuka aplikasi lain dari Google Drive dan menyinkronkan data.

Untuk demonstrasi, saya akan menggunakan Windows 10.

  1. Buka Pengaturan Windows dari Start Menu dan klik Akun.
  2. Sekarang pilih family & other people dari panel kiri dan klik add other people ke PC ini di bawah Orang lain.
  3. Jendela lain akan terbuka di mana Anda mengeklik Saya tidak memiliki informasi masuk orang ini.
  4. Setelah itu, klik Tambah pengguna tanpa akun Microsoft.
  5. Di halaman berikutnya, berikan nama pengguna dan kata sandi untuk akun baru dan klik Berikutnya untuk membuat akun.
  6. Untuk mengatur akun ini sebagai administrator, klik Ubah jenis akun di bawah akun yang dibuat.
  7. Sekarang pilih Administrator di menu tarik-turun Jenis akun dan klik OK.

 

Jalankan aplikasi desktop Google Drive lainnya

Jika Google Drive belum terbuka, luncurkan dan masuk dengan akun utama Anda. Anda hanya dapat membuka Google Drive lain dari file eksekusi Google Drive di file explorer. Akses secara manual dari file Program, atau klik kanan pada pintasan menu Mulai Google Drive dan pilih Buka lokasi file di opsi Lainnya. Setelah itu, ikuti petunjuk di bawah ini.

  1. Tahan tombol Shift dan klik kanan pada pintasan aplikasi Google Drive.
  2. Anda akan melihat opsi baru di menu konteks bernama Jalankan sebagai pengguna berbeda, klik di atasnya.
  3. Sekarang masukkan nama pengguna dan kata sandi dari akun pengguna baru yang Anda buat dan klik OK.

Contoh lain dari aplikasi Google Drive akan terbuka dan Anda akan melihat ikonnya di bilah tugas.

Siapkan sinkronisasi di aplikasi Google Drive sekunder

Karena aplikasi Google Drive ini dibuka dengan akun pengguna yang berbeda, hal-hal mungkin tampak sedikit berbeda. Izinkan saya memandu Anda melalui proses sinkronisasi:

  1. Buka aplikasi kedua dan masuk menggunakan akun Google sekunder yang ingin Anda sinkronkan.
  2. Sekarang klik PILIH FOLDER dan Anda akan dapat memilih folder dari PC yang ingin Anda sinkronkan.
  3. Jika Anda ingin mengakses data akun utama Anda, buka Pengguna di drive Windows dan buka akun pengguna utama Anda. Saat diminta, klik Lanjutkan.
  4. Cukup berikan sandi / pin untuk akun utama dan Anda akan dapat mengakses datanya.

Setelah Anda memilih folder yang ingin Anda sinkronkan, klik Berikutnya dan selesaikan proses sinkronisasi.

Data Anda di akun Google Drive sekunder akan disimpan di folder Google Drive terpisah yang tercantum di folder akun pengguna baru. Dan apa pun yang Anda tambahkan di folder yang disinkronkan akan disinkronkan secara otomatis.

Anda dapat mengulangi proses di atas untuk menyinkronkan akun Google Drive sebanyak yang Anda suka.

Catatan penting: Pastikan Anda melakukan proses penyiapan di atas saat meluncurkan aplikasi Google Drive kedua. Untuk beberapa alasan, Windows tidak mengizinkan Anda menyiapkannya dari akun pengguna yang sama di masa mendatang (lebih lanjut di bawah).

Kekurangan dari cara di atas adalah

Sekarang, kedua akun Google Drive Anda akan berjalan dan data Anda akan disinkronkan. Namun, ada beberapa batasan yang harus Anda perhatikan:

– Anda tidak dapat membuka atau mengelola preferensi aplikasi Google Drive sekunder dari akun pengguna utama. Tidak ada yang terjadi ketika Anda klik kiri atau kanan padanya (akun utama berfungsi dengan baik). Jika Anda ingin mengubah preferensi di masa mendatang, Anda harus keluar dan masuk ke akun pengguna sekunder dan mengubah setelan Google Drive dari sana.

– Anda harus meluncurkan aplikasi Google Drive sekunder secara manual setiap kali Anda memulai ulang PC.

– Jika Anda ingin keluar dari Aplikasi Google Drive sekunder, Anda harus melakukannya dari Pengelola Tugas (Ctrl + Shift + Esc).

Kesimpulan

Jadi dengan pengaturan kecil ini, Anda dapat menggunakan akun Google Drive di PC Anda sebanyak yang Anda suka tanpa mengeluarkan uang sepeser pun atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jika kami melihat kekurangannya, mereka sangat kecil dan tidak akan membatasi penggunaan Anda dengan cara apa pun.

Leave a Comment

Recent Posts

Hubungi Kami

PT Hostingan Awan Indonesia
Komplek Kencana Damai
Jl Anggrek 3 Blok N.17 (30164)
Palembang. Sumatera Selatan

Email: sales@hostingan.id
Telpon: +(62)-811-157-223
WhatsApp: +(62)-811-157-223
Telegram: @hostinganid