Ketika mengelola sebuah bisnis online, apakah kamu pernah memperoleh berbagai macam pertanyaan seperti “bagaimana cara order”, “cara pesan barang yang statusnya masih PO”, “cara agar bisa mendapatkan diskon”, atau ”cara membuat laman produk” dari calon kustomer?
Jika iya, kamu dapat lebih menghemat waktu dengan menambahkan pertanyaan-pertanyaan tersebut di laman khusus FAQ. Jika belum ada halaman tersebut, kamu dapat segera membuat halaman FAQ dengan mudah.
Dengan adanya laman FAQ, calon kustomer kamu bisa memperoleh jawaban dari pertanyaan mereka dengan lebih cepat. Kamu juga dapat lebih menghemat waktu dan fokus mengelola bisnis online kamu agar lebih dikenal oleh para kustomer.
Apa sih sebenarnya laman FAQ itu? Dan kenapa halaman FAQ dapat menjawab pertanyaan umum yang diajukan calon kustomer? Tidak salahnya kamu mengetahui dulu apa itu halaman FAQ.
Apa itu Halaman FAQ?
FAQ adalah akronim dari Frequently Asked Questions. Umumnya halaman ini ada di website tugasnya adalah untuk menampilkan daftar pertanyaan umum yang banyak ditanyakan orang-orang mengenai layanan maupun produk tertentu.
Coba kamu perhatikan, seluruh website user friendly semuanya terdapat laman FAQ ini. Memang laman FAQ merupakan salah satu halaman yang dapat membuat website lebih user friendly. Karena, halaman FAQ hadir untuk jadi halaman pendukung kustomer untuk membantu serta meningkatkan pengalaman calon kustomer.
Di halaman FAQ, calon kustomer bisa dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan yang ingin mereka ajukan berkaitan layanan dan produk pilihannya.
Coba kamu bayangkan, jika bisnis kamu sering ditanya tentang pertanyaan yang sama secara berulang dari calon kustomer. Contohnya “Apakah bisa memakai kartu kredit?”, “Apakah bisa memakai e-wallet?” dan lain sebagainya.
Jika tidak ada laman FAQ yang menjawab hal tersebut, tim support lamu akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk menjawab pertanyaan yang sama pada calon kustomer. Nah, hal itu dapat dihindari dengan adanya laman FAQ yang kamu sediakan di website.
Manfaat Halaman FAQ
Secara garis besar manfaat dari FAQ adalah mempermudah tim support online untuk menjelaskan kendala calon kustomer. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata manfaat lain dari adanya laman FAQ adalah bisa menjadi tempat untuk mempromosikan produk dan juga merek kamu.
Coba kamu perhatikan beberapa situs e-commerce, mereka seringkali memperbaharui serta meningkatkan laman FAQ mereka, hal itu untuk membangun kesadaran akan suatu merek dan mempromosikan produk.
Misalnya saja kamu dapat membuat laman FAQ untuk situs web toko online kamu, sebagai ajang promosi merek dengan cara memperlihatkan bagaimana layanan dan produk kamu lebih baik dan berbeda dengan pesaing kamu.
Manfaat lainnya tentunya bukan itu saja, seperti yang dikemukakan oleh seorang pakar digital marketing yaitu Neil Patel. Bahwa adanya laman FAQ dapat meningkatkan peringkat website ke bagian atas halaman search engine.
Dimana Idealnya Menampilkan Halaman FAQ?
Saat ini mungkin kamu akan bertanya “dimana sebaiknya menempatkan halaman FAQ?”. Kita akan sedikit membahas mengenai idealnya FAQ ditempatkan.
Biasanya, kebanyakan pengelola website akan menaruh halaman FAQ di bagian footer. Namun, sebagian orang juga ada yang tidak tahu kebanyakan pengelola website menempatkan halaman FAQ itu di footer, sehingga halaman tersebut sulit untuk ditemukan.
Jadi, idealnya halaman FAQ di tempatkan di lokasi yang mudah untuk ditemukan, karena memang salah satu tugas kamu adalah mempermudah mereka dalam menemukan laman FAQ.
Misalnya menempatkan halaman FAQ di atas header, sehingga mudah ditemukan. Karena website yang akan muncul pertama kali ketika dimuat adalah bagian header.
Bagaimana, apakah kamu sudah siap untuk membuat halaman FAQ versi kamu sendiri di halaman website kamu? ikuti juga beberapa tipsnya, agar halaman FAQ yang kamu buat bisa jadi pendukung kesuksesan bisnis online kamu.
Kami harap postingan ini dapat membantu kamu menambahkan beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan oleh calon kustomer kamu. Anda juga dapat melihat pembahasan lainnya di hosringan.id Blog.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang belajar memaksimalkan website agar menjadi lebih user friendly.
Sekian dan terima kasih.
See You!!!