Semua pemilik bisnis pasti mengharapkan keuntungan dari setiap bisnisnya. Dan semua itu pasti dilakukan dengan segala upaya. Mulai dari promosi, iklan, dan lain – lain. Selain menambah pelanggan, anda bisa menambah keuntungan dengan menjaga pelanggan yang lama agar tetap setia pada produk yang anda tawarkan. Nah, untuk itu anda perlu menjaga komunikasi dengan mereka. Komunikasi bisa dilakukan melalui online misalnya live chat.

Lalu, seberapa penting live chat?

Sebenarnya ada banyak bentuk media komunikasi dengan pelanggan seperti email dan telepon. Namun, live chat menjadi pilihan terbaik karena

  • Sifatnya realtime yang artinya anda bisa mendapat jawaban dalam waktu singkat
  • Anda akan lebih leluasa dan bebas bertanya, sebab di dalam live chat anda bisa menyisipkan gambar
  • Kebanyakan orang tidak suka berbicara lewat telepon, selain itu juga mahal
  • Lebih efisien karena bisa dilakukan dimana dan kapan saja
  • Pelanggan lah yang mengontrol percakapan

Berikut beberapa rekomendasi live chat yang bisa anda pilih

LiveChat

Live chat adalah rekomendasi pertama kami diantara semua pilihan yang ada. Dia mempunyai fitur yang paling lengkap dan mudah untuk digunakan

Fitur       :

  • Easy Use karena aplikasinya dirancang dengan baik
  • Mobile-responsive yang artinya sangat support di perangkat apa saja seperti cellular phone, tablet maupun laptop.
  • Tersedia survei evaluasi yang akan muncul sebelum dan sesudah sesi live chat
  • Mempunyai banyak fitur tambahan seperti email marketing automation, email marketing dan lainnya
  • Loading time yang cepat sehingga pengguna merasa nyaman

Biaya     :

Free trial selama 14 hari, lalu anda bisa lanjutkan dengan paket mulai dari Rp 235.000,- perbulan. Atau anda bisa membayar per agen masuk dimana penagihannya dilakukan setiap tahun.

SnapEngage

Fitur       :

  • Tersedia layanan untuk call back
  • Tersedia Invitations otomatis untuk obrolan
  • Widget obrolan bisa disesuaikan dengan request anda
  • Tersedia fitur SMS to Chat sehingga anda bisa berbalas pesan dalam bentuk teks
  • Support terhadap Twitter, SMS, Facebook, WeChat, dan lain-lain.

Biaya     :

SnapEngage bisa anda gunakan dengan mengeluarkan biaya mulai dari Rp 235.000,- perbulan/per agen dan penagihannya adalah setiap tahun juga.

Pure Chat

Fitur       :

  • Aplikasi ini diperuntukkan untuk mobile seluler sehingga dapat diakses dimana saja
  • Sangat support pada WordPress dengan plugin situs live chat
  • Pelanggan anda tetap bisa mengirim pesan dalam bentuk email ketika anda offline

Biaya     :

Pure Chat menawarkan paket gratis dan berbayar mulai dari Rp 1.160.000,- per bulan dengan penagihan setahun sekali.

Freshchat

Fitur       :

  • Anda mendapat pilihan untuk obrolan otomatis secara real time atau bot AI-powered
  • Tampilan live profiles untuk timeline pelanggan
  • Support terhadap Zendesk atau Slack
  • Tersedia desktop notifications sehingga anda bisa memberikan respon yang cepat untuk menanggapi pelanggan
  • Widget obrolan dapat disematkan pada situs WordPress dengan plugin situs live chat

Biaya     :

Freshchat menawarkan free trial selama 30 hari. Lalu, anda anda bisa lanjut dengan mengeluarkan biaya mulai dari Rp 220.000,- perbulan/per agen dan penagihannya adalah setiap tahun juga.

Sendinblue

Live chat yang bisa menjadi pilihan juga karena ramah untuk pemula.

Fitur       :

  • Mempunyai fitur email marketing
  • tersedia SMS, CRM, landing pages, dan banyak lagi untuk keperluan pemasaran
  • Penggunaan yang mudah
  • Mempunyai opsi Mailer untuk mengintegrasikan Sendinblue dengan WP Mail SMTP sehingga memudahkan transaksi

Biaya     :

Sendinblue menawarkan paket mulai dari Rp 646.000,- perbulan untuk 10 anggota tim dan penagihannya setahun sekali.

Olark

Fitur       :

  • Tersedia pilihan untuk plugin atau instal simple code snippet
  • Memiliki integrasi dengan Salesforce, Zendesk, HubSpot, Google Analytics, Slack, dan lain – lain
  • Ngobrol dengan pelanggan dari mana saja dengan menggunakan perangkat seluler
  • Obrolan proaktif yang membantu anda untuk memamntau pengguna
  • Real-time terhadap segala hal seperti agen yang menangani obrolan, volume obrolan, dan respon pengguna berupa penilaian terhadap pelayanan

Biaya     :

Olark bisa anda gunakan dengan mengeluarkan biaya mulai dari Rp 220.000,- perbulan/per agen dan penagihannya adalah setiap tahun.

Smartsupp

Fitur       :

  • Memiliki track and record untuk menampilkan apa yang meyebabkan orang tidak jadi membeli
  • Terintegrasi dengan Shopify, Magento,WordPress, Webnode, OpenCart, dan banyak lagi.
  • Tampilan obrolan dapat anda edit sesuai dengan request anda
  • Anda dapat menambahkan foto profil pada id anda
  • Tersedia rekaman video mengenai pengunjung andanda.

Biaya     :

Smartsupp memberikan paket gratis untuk maksimal 3 agen. Selanjutnya, anda bisa membayar paket mulai dari Rp 146.000,- perbulan/per agen dan penagihannya adalah setiap tahun.

 

Dari beberapa rekomendasi di atas anda bisa menentukan pilihan dan mulai mengaplikasikannya pada website atau toko online anda.

Leave a Comment

Recent Posts

Hubungi Kami

PT Hostingan Awan Indonesia
Komplek Kencana Damai
Jl Anggrek 3 Blok N.17 (30164)
Palembang. Sumatera Selatan

Email: sales@hostingan.id
Telpon: +(62)-811-157-223
WhatsApp: +(62)-811-157-223
Telegram: @hostinganid