- WhatsApp : (+62) 8777-739-2959
- Support : Kirim Ticket
- Sales : Kirim Ticket
- Pembayaran : Kirim Ticket
- Mar 06
Mengoptimalkan Tingkat Pembukaan Email: Tips dan Strategi yang Terbukti Berhasil
Dalam mengelola sebuah bisnis, owner bisnis dituntut untuk terus memutar otak dalam mencari pelanggan. Ada berbagai cara yang dapat diupayakan khususnya dalam lingkup digital marketing. Salah satunya merupakan email marketing yang walaupun bisa dibilang jadul, bida jadi tool yang efektif untuk mempertahankan pelanggan yang loyal.
Apa itu email marketing?
Email marketing adalah salah satu bentuk strategi pemasaran secara langsung dan pemasaran digital, yang memanfaatkan email untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis.Dengan email marketing akan membuat pelanggan mengetahui produk atau penawaran terbaru lewat sistem otomatisasi pemasaran.
Lebih dari itu, email marketing sebenarnya juga mampu memainkan peranan penting dalam strategi pemasaran dengan menghasilkan leads atau pelanggan potensial yang tertarik dengan produk atau layanan bisnis, brand awareness, membangun hubungan yang lebih personal dengan pelanggan, atau menjaga keaktifan pelanggan tetap lewat berbagai jenis email pemasaran.
Apabila email marketing diterapkan dengan tepat dan efektif, metode ini dapat memberikan timbal balik modal yang lebih baik bila dibandingkan dengan jenis strategi pemasaran digital lainnya. Oleh karena itu, kami telah merangkum beberapa tips untuk mengoptimalkan email marketing bagi bisnis kamu.
1. Kenali target penerima email dengan baik
Ketika ingin mengirim pesan kepada pelanggan, pastinya kamu membutuhkan list alaat email terlebih dahulu. Kamu perlu benar-benar tahu target penerima email bisnis kamu. Dengan mengenali target penerima email dengan baik dan benar, kamu akan bisa mengetahui masalah-masalah apa saja yang sedang mereka hadapi kemudian kamu menawarkan solusi-solusi kepada mereka lewat isi konten email.
Agar bisa mengenali target penerima email, kamu bisa memperolehnya melalui survei sederhana. Hasil survei tersebut ditargetkan untuk mengetahui apa yang diharapkan oleh pelanggan terhadap produk atau brand kita. Selain itu kamu juga bisa mengukur tingkat pemahaman target penerima email terhadap brand bisnis kamu.
2. Atur segmentasi pada target penerima email
Salah satu alasan email yang kamu kirim dibuka dan dibaca adalah judul dan isi konten email tersebut sesuai dengan apa yang mereka butuhkan dan harapkan. Untuk itulah kamu perlu melakukan segmentasi target penerima, atau melakukan kategorisasi misalnya berdasarkan lokasi geografis, status pelanggan, perilaku, jenis produk yang disukai, dan lain sebagainya. Dengan melakukan segmentasi target penerima email, email yang kamu kirim akan terasa lebih personal bagi mereka dan sesuai dengan kebutuhan.
3. Waspada email yang masuk ke dalam folder Spam
Usaha untuk menerapkan email marketing yang bagus akan sia-sia apabila email yang telah dikirim masuk ke dalam kategori Spam. Yang dimaksud spam adalah email yang tidak ‘diundang’ lalu terindikasi sebagai email yang dikirim secara masif atau yang membahayakan penerima ketika email tersebut dibuka.
Untuk menghindari hal ini, ada beberapa hal penting yang wajib kamu lakukan. Pastikan cara memperoleh email pelanggan sudah mendapatkan persetujuan mereka serta melalui satu jalur atau cara yang jelas, misal daftar anggota. Kemudian kirim email memakai email resmi brand agar target pengguna lebih mudah tahu siapa pengirim email tersebut.
4. Membuat judul yang menarik
Judul email yang menarik akan meningkatkan kesempatan yang lebih tinggi untuk dibuka dan dibaca. Sebenarnya tidak cukup hanya judul, pastikan kalimat pertama dalam isi email juga menarik agar target pengguna email tertarik untuk meresponnya.
Salah satu tips judul yang menarik adalah dengan membuat kalimat yang membuat penerima jadi penasaran. Kamu bisa menuliskan masalah yang sering pelanggan kamu alami atau menggunakan angka statistik untuk menguatkan kalimat judul agar terlihat lebih meyakinkan.
5. Tulis isi email yang lebih ‘personal’
Email yang sifatnya lebih personal biasanya memperoleh prioritas yang lebih untuk dibaca. Agar email marketing kamu lebih optimal, tulislah email yang konten atau isinya sesuai dengan segmentasi pelanggan yang telah disebutkan diatas. Misalnya atur gaya bahasa yang sesuai dengan dipadu konten yang memang cocok dan dibutuhkan untuk pelanggan.
Kesimpulan
Pemakaian email marketing dalam digital marketing mungkin terkesan jadul, tetapi perlu diingat bahwa email adalah komponen utama seseorang bisa berkomunikasi di dunia maya, misal lewat media sosial atau membuat blog. Bila dimanfaatkan dengan baik, strategi ini bisa menekan biaya marketing dan menghasilkan leads serta meningkatkan brand awareness dari bisnis atau perusahaan kamu.
Related Posts
Menggunakan Email Marketing untuk Meningkatkan Retensi Pelanggan
Email marketing merupakan salah satu bentuk pemasaran digital yang sangat efektif untuk bisnis apapun. Salah satu manfaat terbesar dari email marketing adalah kemampuannya untuk meningkatkan retensi pelanggan kamu. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips…
- Mar 23
Menggunakan Video dalam Email Marketing: Apa yang Harus Diketahui
Email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang paling efektif dan terjangkau untuk membantu kamu mempromosikan bisnismu, meningkatkan brand awareness, serta menjalin hubungan dengan pelangganmu. Namun, mengirimkan email biasa yang hanya berisi tulisan dan gambar…
- Mar 22
Latest Post
Komentar Terbaru
- M Iqbal Hidayatullah on Memasang Watermark Pada Gambar Secara Otomatis di WordPress
- M Iqbal Hidayatullah on Membuat Artikel Masuk Dalam Halaman Pertama Google
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Upload Gambar WebP di WordPress Tanpa Plugin
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link
- M Iqbal Hidayatullah on Cara Menghapus Backlink Website Dengan Google Disavow Link