Jika anda sudah terjun di dunia website, pasti sudah mengenal copywriting.  Copywriting merupakan Teknik penulisan atau Menyusun kata – kata untuk digunakan dalam mengisi halaman website, konten, promosi, iklan dan sebagainya dengan maksud untuk menawarkan dan meyakinkan jasa atau produk kepada calon pelanggan agar tertarik terhadap yang ditawarkan.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan agar calon pelanggan tertarik membaca dan terpengaruh untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Mengingat pentingnya peranan copywriting dalam campaign bisnis, maka cobalah beberapa tips ampuh copywriting berikut untuk meningkatkan bisnis yang anda jalani

Buatlah Urgensi

Membuat urgensi atau kondisi mendeska sangatlah penting untuk promosi dan pemasaran. Hal ini agar calon pembeli tidak menunda waktu untuk membeli produk yang ditawarkan. Karena merasa takut promosi akan segera habis, calon pembeli akan tertarik membeli meski  tidak ada niat belanja sebelumnya.

Contoh dari promosi ini misalnya penjualan produk tertentu hanya pada hari tertentu saja dalam setahun.

Gunakan Call to Action

Setelah merencanakan program promo urgensi, maka selanjutnya adalah membuat iklan  atau promo untuk mengaplikasikannya. Caranya adalah membuat kalimat atau slogan untuk Call to Action yang berisi desakan untuk membeli segera. Misalnya promo diskon 50% all item pada hari ulang tahun perusahaan saja.

Gunakan Informasi yang Sederhana

Tujuan dari copywriting adalah menarik calon pembeli dengan kata – kata yang mudah dimengerti. Tulislah promosi dengan bahasa singkat dan sederhana agar calon pembeli tidak kebingungan. Terkadang meski promo anda menarik namun calon membeli tidak jadi beli hanya karena tidak mengerti promo seperti apa yang ditawarkan.

Hindari Meniru Copywriting Orang Lain

Anda harus memiliki coprwriting yang unik dan memiliki ciri khas. Setidaknya copywriting anda tidak menyamai milik orang lain. Misalnya dengan menyambungkan brand dan produk ketika promo musiman tiba. Pastikan untuk tidak meniru kalimat atau slogan yang sama.

Tawarkan Berbagai Layanan Gratis

Berikan beberapa layanan gratis untuk menarik minat pelanggan datang ke toko anda. Misalnya layanan penukaran atau pengembalian yang mudah, kantong belanja gratis dan lain – lain.

Tawarkan Voucher Hadiah

Tips selanjutnya adalah dengan menawarkan diskon atau voucher. Mekanisme pemberian voucher atau diskon ini bermacam – macam. Misalnya dengan berbelanja minimal Rp.500.000 dan kelipatannya akan mendaptkan voucher sebesar Rp.50.000. Anda bisa mendapatkan keuntungan karena pembeli akan datang kembali untuk membelanjakan vouchernya. Kemungkinan mereka akan berbelanja lebih dari nominal voucher yang diberikan.

Cara lainnya misalkan dengan belanja minimal Rp.100.000 dan kelipatannya akan mendapatkan stiker. Dan stiker ini bisa dikumpulkan untuk mendapatkan berbagai reward yang disediakan.

Menambahkan Ulasan Pelanggan

Meski sudah banyak transaksi jual beli online, tapi ada banyak orang yang masih khawatir dalam berbelanja online. Nah, ulasan pelanggan bisa anda tambahkan dalam copywriting untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli.

Pahami Calon Pembeli

Pahami karakter dan situasi calon pembeli anda. Hal ini mempengaruhi keinginan mereka berbelanja. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan

Apa demografi calon pembeli Sudah anda tentukan?

Mengapa calon pembeli butuh produk anda?

Mengapa calon pembeli memilih brand anda?

Mengapa calon pembeli menginginkan produk anda?

Design Website Semenarik Mungkin

Halaman produk pada website berpeluang tinggi untuk dibuka oleh pelanggan. Jadi buatlah tampilan semenarik mungkin dan berikan deskripi produk yang detail. Detail harus sesuai dengan gambar yang ditampilakn. Jangan lupa untuk meletakkan brand value sebanyak mungkin, misalnya di homepage, produk, penelusuran, kategori, halaman keranjang belanja dan lain – lain.

Uji Error 404

Terlihat sepele, tapi percayalah bahwa error 404 sangatlah berpengaruh terhadap keinginan pelanggan dalam membeli. Error ini muncul karena file atau halaman yang diakses tidak bisa ditemukan, kemungkinan karena masalah caching atau compatibility.

Untuk mengantisipasinya anda bisa menyiapkan copywriting yang ramah dan minta maaflah atas masalah error 404 yang terjadi.

Ucapan Terima Kasih

Setelah selesai belanja, ucapan terima kasih memang wajib ada. Setelah itu, anda bisa membuat copywriting untuk mengarahkan pembali agar tetap terkoneksi dengan toko anda dengan mendaftarkan akun media sosial atau kontak mereka. Disamping itu, anda juga bisa mengajak mereka untuk melihat rekomendasi produk lain, menawarkan kupon atau meminta untuk memberikan penilaian terkait pengalaman belanja mereka.

Setelah membaca beberapa tips diatas, anda bisa mulai mencoba dan mulai menyusun goal campaign agar dapat menyusun copywriting promo.

Leave a Comment

Recent Posts

Hubungi Kami

PT Hostingan Awan Indonesia
Komplek Kencana Damai
Jl Anggrek 3 Blok N.17 (30164)
Palembang. Sumatera Selatan

Email: sales@hostingan.id
Telpon: +(62)-811-157-223
WhatsApp: +(62)-811-157-223
Telegram: @hostinganid