Di era yang serba digital saat ini, Anda harus bisa mengikuti perkembangan zaman. Termasuk pula dalam hal dunia pemasaran. Sebutan yang cocok untuk pemasaran dalam dunia digital adalah digital marketing. Anda akan tertinggal bila usaha yang anda miliki tidak mengaplikasikan konsep digital marketing strategy. Oleh sebab itu, pelaku bisnis sekarang harus mengetahui dan mengerti secara mendalam mengenai apakah strategi digital marketing yang pantas diaplikasikan untuk meningkatkan usaha.

Anda dapat memperbandingkan di antara pebisnis yang mengaplikasikan strategi digital marketing dan yang tidak. Dapat ditegaskan, mereka yang mengaplikasikan strategi dalam mengurus usaha dengan jaringan digital marketing mempunyai prospek usaha yang lebih bagus diperbandingkan mereka yang tidak mengaplikasikannya.

Digital marketing benar-benar punya pengaruh pada proses pemasaran karena tahapan yang ditarget mempunyai lingkup lebih luas. Berikut 4 strategi dasar digital marketing yang mudah untuk dilaksanakan oleh pelaku bisnis pemula.

1.      Menggunakan Social Media Marketing

Sebagian besar orang mempunyai sosial media untuk berhubungan. Karenanya, alangkah ruginya jika Anda tidak memanfaatkan media sosial marketing sebagai salah satu strategi untuk berpromosi untuk mencapai pasar yang lebih luas.

Anda bisa melakukan bermacam jenis cara promo dengan aplikasi sosial media, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Linkedln, dan yang lain. Tidak perlu terburu-buru. Anda pelajari dulu cara kerja setiap sosial media, siapa penggunanya, tools apa yang sering mereka gunakan dan bagaimana mereka saling berhubungan. Lalu, tulislah konten unik yang berhubungan dengan produk dan layanan yang ingin Anda promosikan.

Konten yang ditulis dapat berbentuk caption bersamaan dengan photo produk berkualitas terbaik, video, animasi, infografis, gabungan video dan caption, spanduk, dan lain-lain. Kerjakan dengan teratur untuk produksi konten ini sekalian terus lakukan penilaian yang detil di beberapa fitur promo yang ada di masing-masing sosial media.

Seiring waktu berjalan, Anda akan segera tahu manakah sosial media yang pas untuk produk Anda dan bagaimana cara seterusnya yang perlu Anda kerjakan supaya strategi promo yang Anda harap dapat berjalan baik. Janganlah lupa mengupayakan supaya follower atau persahabatan Anda di media sosial semakin bertambah hingga kekuatan audiens atau calon konsumen setia yang menyaksikan posting Anda dari sekian waktu makin banyak.

Bila Anda mempunyai modal atau bujet iklan yang lebih, Anda bisa manfaatkan sarana iklan yang dijajakan masing-masing media sosial, misalkan dengan menempatkan iklan di Instagram Ads atau Facebook Ads. Hasilnya akan lebih efisien dan bisa mencapai audiens lebih banyak.

2.      Memanfaatkan Email Marketing

Promo secara individual dan membangun hubungan yang lebih bagus dengan calon customer atau konsumen setia dengan memberikan email marketing. Salah satunya langkah e-mail marketing yang paling sering digunakan adalah newsletter marketing. Apakah anda pernah menerima kiriman newsletter di e-mail Anda?

Newsletter marketing ialah satu fitur kekinian e-mail marketing yang memungkinkan customer memperoleh up-date terkini dari satu website yang mempromokan satu produk atau layanan. Langkah dalam melakukan pengaktifan newsletter benar-benar gampang. Dengan trik tertentu, Anda dapat menggerakkan pengunjung situs untuk memasukkan alamat e-mail selanjutnya memencet tombol subscribe.

Proses kerja email marketing adalah anda bisa memasukkan newsletter ke dalam penataan situs melalui database alamat e-mail yang sudah dihimpun. Saat ada up-date terkini di website, e-mail marketing akan bekerja secara otomatis dengan mengirim newsletter ke alamat e-mail yang sudah tercatat. Langkah yang ini menjadi strategi digital marketing terbaik untuk melakukan promo periode panjang tanpa perlu banyak.

3.      Menerapkan Teknik SEO pada Website dengan Benar

SEO atau Search Engine Optimization menjadi salah satu istilah terkenal yang ada hubungannya dengan rangking situs atau situs di mesin pencari. Teknik SEO sangat penting dalam mengelola wbsite karena berpengaruh dalam membantu website agar berada pada puncak pencarian.

Beberapa tehnik SEO yang bisa diaplikasikan oleh pelaku bisnis pemula adalah

–     Backlink                         : link yang berada di website orang lain dan mengarahkan pada website Anda.

–     Outbound link             : link yang berada di website orang lain yang dimasukkan pada website Anda.

–     Internal link                  : link yang menghubungkan antar konten dalam website Anda sendiri.

–     White hat, grey hat, dan black hat SEO merupakan teknik SEO. Anda bisa menggunakan semuanya secara bebas kecuali black hat. Sebab, teknik black hat sangat berbahaya bagi website Anda.

Bila Anda alami kesusahan dalam implementasi tehnik SEO, Anda dapat mengontak salah satu digital agen yang berada di Indonesia, khususnya yang mempunyai ketrampilan dalam sektor search engine marketing, internet marketing strategy, seo atau kemampuan SEO yang oke.

4.      Memasang Iklan Berbayar

Bila modal Anda lumayan besar untuk didistribusikan sebagai dana promo digital, Anda mulai bisa memikirkan pendayagunaan iklan berbayar. Pastikan untuk memasang iklan berbayar, baik melalui media sosial ads, Google Ads, dan lain-lain, anda harus memerhatikan tiga poin penting ini, yaitu commerciality, anggaran dan pengunjung.

Itu tadi, 4 strategi Dasar Digital Marketing yang mudah dijalankan oleh Pelaku bisnis Pemula. Jangan khawatir, meskipun Anda masih baru bergerak dalam dunia digital dan internet marketing, tidak perlu cemas. Ke-4 strategi dasar ini benar-benar mudah didalami dan diaplikasikan.

Leave a Comment

Recent Posts

Hubungi Kami

PT Hostingan Awan Indonesia
Komplek Kencana Damai
Jl Anggrek 3 Blok N.17 (30164)
Palembang. Sumatera Selatan

Email: sales@hostingan.id
Telpon: +(62)-811-157-223
WhatsApp: +(62)-811-157-223
Telegram: @hostinganid