Iklan pemasangan aplikasi sedang populer. Perkembangan utama yang mendorong lonjakan anggaran pemasangan aplikasi melibatkan kemampuan untuk mengukur kampanye pemasangan aplikasi dengan tepat, mengatasi kurangnya cookie dan fragmentasi yang melekat dalam ekosistem seluler dengan lingkungannya yang berbeda (web seluler dan dalam aplikasi), platform yang berbeda (iOS , Android, Windows Phone), dan perangkat lain (smartphone dan tablet).

Selain itu, analitik periklanan memungkinkan pemasar untuk bergerak menuju model kinerja murni di mana pemasangan, bagaimanapun pentingnya, hanyalah langkah pertama menuju kesuksesan. Apa yang terjadi setelah penginstalan adalah yang terpenting. Dengan menghubungkan tindakan dalam aplikasi ke jaringan yang mendorong pemasangan, pemasar dapat menentukan jaringan yang dapat memberikan jenis pengguna tertentu yang mendorong nilai untuk bisnisnya.

Mengatur Pemasangan

Agar aplikasi Anda diperhatikan, dan menonjol dari jutaan aplikasi lainnya di ruang seluler, penting untuk menghasilkan volume penginstalan dari sumber organik dan non-organik. Apa perbedaan yang Anda tanyakan?

I – Pemasangan Organik

Nah, penginstalan organik adalah penginstalan yang sebagian besar merupakan hasil eksplorasi app store dan penelusuran organik.

Ini berarti aplikasi ditemukan dan dipasang setelah pencarian kata kunci atau merek, yaitu setelah rekomendasi dari teman, melihat aplikasi teratas per kategori, atau ditampilkan ke aplikasi melalui rekomendasi unggulan toko aplikasi sendiri.

II – Pemasangan Non-Organik

Di sisi lain, penginstalan non-organik didorong ke toko aplikasi dengan promosi aktif di luar toko aplikasi baik melalui kampanye iklan berbayar, atau kampanye pemasaran lainnya di saluran yang dimiliki (seperti email, pemberitahuan push, SMS, atau kode QR ).

III – Campuran (Organik dan Non Organik) yang Berhasil

Dalam iklan pemasangan aplikasi seluler, sangat penting untuk memanfaatkan kedua rute tersebut. Mendorong jumlah penginstalan organik tertinggi melibatkan penggunaan taktik Pengoptimalan App Store (ASO) (yang pada dasarnya setara dengan dunia aplikasi dengan Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)).

Ada daftar singkat faktor yang dapat membuat atau merusak peringkat ASO Anda, yaitu judul, kata kunci, jumlah unduhan, peringkat dan ulasan, tangkapan layar dan ikon, dll.

Karena jumlah penginstalan merupakan faktor utama dalam ASO, pembayaran untuk pengguna baru tidak hanya akan meningkatkan jumlah penginstalan non-organik, tetapi yang lebih penting adalah jumlah penginstalan organik. Faktanya, penelitian kami menemukan bahwa 1 pemasangan berbayar mendorong 3 pemasangan organik lainnya.

Kampanye pemasangan aplikasi berbayar juga merupakan cara untuk menonjol di pasar yang jenuh (ada lebih dari 1,4 juta aplikasi di Google Play dan App Store!). Dalam laporannya baru-baru ini, eMarketer melangkah lebih jauh dengan mengatakan bahwa itu adalah suatu keharusan.

2. Model Bisnis

Empat model bisnis harus dipertimbangkan untuk iklan pemasangan aplikasi: CPA, CPC, CPI, dan CPM. Masing masing punya kelebihan dan kekurangan. Mari kita bahas ini:

CPM (Cost per Million)

Ketentuan Pembayaran: Harga yang ditentukan sebelumnya untuk setiap 1.000 tayangan (biaya per seribu).

Kelebihan: Kesadaran merek maksimal, jangkauan, biaya lebih rendah

Kekurangan: Model non-performa, peluang lebih besar dari jaringan non-transparan yang mengirimkan tayangan berkualitas rendah.

CPC (Cost per Click)

Ketentuan Pembayaran: Dibayar setiap kali pengguna mengklik iklan.

Kelebihan: Lebih mudah menganalisis keterlibatan pengguna melalui pengujian A / B materi iklan.

Kekurangan: Anda berisiko membayar untuk klik yang tidak disengaja dan merusak nama merek Anda dengan pengalaman pengguna yang buruk; Biaya lebih tinggi daripada CPI jika Anda tidak memiliki sumber daya untuk mengoptimalkan jalur klik menuju konversi, kurangnya alat analisis yang canggih, rentan terhadap penipuan.

CPI (Cost per Impression)

Ketentuan Pembayaran: Harga yang ditentukan sebelumnya dibayarkan setiap kali pengguna menginstal aplikasi.

Kelebihan: Model kinerja, biaya rendah, risiko rendah.

Kekurangan: Risiko jaringan tidak transparan mendorong volume tinggi dengan kualitas rendah atau lalu lintas berinsentif untuk mendorong pemasangan.

CPA (Cost per Action)

Persyaratan Pembayaran: Harga yang telah ditentukan sebelumnya untuk setiap tindakan dalam aplikasi yang ditentukan oleh pengiklan (terkait pendapatan atau keterlibatan).

Kelebihan: Model kinerja murni yang diadopsi oleh pengiklan berbasis data yang paling cerdas.

Kekurangan: Biayanya sering kali lebih tinggi tetapi begitu juga nilai yang dihasilkan sehingga ROI hanya tumbuh dengan LTV pengguna yang diperoleh lebih tinggi.

3. Tempat Yang Baik untuk Memulai

Jika Anda bekerja di bawah anggaran dan Anda bertujuan untuk mendapatkan dampak maksimum berdasarkan apa yang harus Anda kerjakan, berikut adalah beberapa senjata besar untuk memulai:

Twitter / Facebook

Jika Anda mencoba menargetkan persona pengguna tertentu sambil mempertahankan anggaran yang ketat, Twitter dan Facebook adalah tempat yang tepat untuk memulai dengan data maha kuasa dan informasi demografi mendalam tentang audiens mereka.

Dengan kemampuan penargetan yang unggul dan skala yang tak tertandingi, tidak heran jika jaringan ini memiliki banyak sekali pengeluaran iklan pemasangan aplikasi. Namun, ketahuilah ini: hanya ada dua cara untuk mendapatkan analitik pada kampanye pemasangan aplikasi Anda yang berjalan di Facebook dan Twitter:

Dengan menambahkan SDK mereka ke aplikasi Anda

dengan menggunakan SDK dari mitra pengukuran bersertifikat (beberapa penyedia pelacakan yang memiliki cap persetujuan resmi Facebook dan Twitter)

Google Ads

Kampanye pemasangan aplikasi Google Ads (dulu Google AdWords) juga bagus bila bekerja dengan anggaran yang ketat. Di sini Anda dapat fokus pada kata kunci Anda – memanfaatkan niat pengguna sebagai indikator yang kuat – dan berinvestasi lebih banyak secara bertahap hingga Anda mencapai pengoptimalan kata kunci yang optimal.

Ini bagus untuk kampanye yang lebih lama yang ditujukan untuk audiens yang banyak.

Iklan TrueView YouTube

Jika anggaran lebih tinggi, YouTube menampilkan iklan TrueView yang bisa menjadi pilihan yang bagus. Terutama jika Anda memiliki pratinjau video dari aplikasi Anda yang ingin Anda tunjukkan kepada audiens yang ditargetkan dan terlibat.

4. Kembangkan Sayap Anda

Untuk memaksimalkan jangkauan dan kemampuan untuk menemukan sumber media yang dapat memberikan pengguna tertentu yang Anda minati, menambahkan jaringan iklan lain ke dalam campuran merupakan langkah penting. Tetapi dengan ratusan dan bahkan ribuan di luar sana, bagaimana Anda akan menemukan jaringan terbaik untuk aplikasi Anda?

Pada waktu tertentu, aplikasi biasa dapat bekerja di mana saja dari 5-10 jaringan iklan seluler yang berbeda. Aplikasi besar bekerja dengan lusinan aplikasi pada saat bersamaan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengalokasikan anggaran secara bertanggung jawab agar Anda tidak membuang-buangnya pada penayang yang tidak dapat memenuhi sasaran akuisisi Anda.

Cara Memilih Jaringan Iklan Seluler yang Tepat

Dengan begitu banyak jaringan iklan seluler yang bekerja dengan jenis lalu lintas yang berbeda, vertikal unik, dan klien khusus, Anda memerlukan metode yang lebih baik untuk menghindari penayang yang berkinerja buruk.

Saat mendekati suatu jaringan, berikut yang harus Anda tanyakan:

  1. Pertanyaan Pengalaman

Minta testimoni, studi kasus, dan secara pribadi hubungi perusahaan dengan target audiens serupa untuk melatih mereka tentang pengalaman mereka dengan jaringan

  1. Pertanyaan Mendalam

Bagaimana Anda berbeda dari pesaing Anda? Dapatkah Anda memberi kami contoh tentang apa yang telah Anda lakukan untuk salah satu pengiklan Anda di vertikal tertentu kami?

  1. Pertanyaan untuk ditanyakan pada diri Anda sendiri

Di mana Anda ingin berada di akhir proses ini? Apa tujuan Anda yang ingin Anda capai dengan bekerja dengan jaringan iklan ini?

Meskipun Anda telah membuat keputusan yang cerdas tentang jaringan mana yang akan dijalankan, tidak perlu dikatakan bahwa Anda harus memantau kinerjanya setiap saat. Anda akan merasa nyaman mengatakan kepada jaringan, “hei, penayang nomor 4 beroperasi dengan buruk dibandingkan dengan nomor tiga, alokasikan lebih banyak anggaran ke nomor 3.”

Jaringan tidak memiliki tingkat data yang sama dengan yang Anda miliki sebagai pengiklan, jadi penting untuk membantu mereka menyelesaikan gambaran yang lebih besar. Tetap ikuti perkembangan dan beri tahu mereka jika Anda melihat ada yang tidak beres.

5. Mengukur, Mengukur, Lalu Mengukur Lagi

Mengukur kampanye pemasangan aplikasi melibatkan dua bagian penting dan saling terkait: analitik atribusi dan analitik periklanan.

Analisis Atribusi

Analisis atribusi memberi tahu anda saluran / sumber yang mengirimkan setiap pemasangan aplikasi, baik organik, sosial, berbayar, atau milik. Mekanismenya sebagian besar didasarkan pada model klik terakhir – poin kontak terakhir yang diklik pengguna sebelum menginstal (dan meluncurkan) aplikasi (dalam masa tenggang 7 hingga 30 hari).

Model ini menentukan bahwa pengiklan hanya membayar jaringan yang mengirimkan klik terakhir (jika keterlibatan dengan sumber tidak berbayar lain seperti email atau penelusuran organik mengikuti, jaringan iklan tidak dibayar).

Perusahaan atribusi yang tidak memihak berfungsi sebagai hakim yang tidak memihak – dipercaya oleh pengiklan dan jaringan untuk membuat keputusan. Fakta bahwa mereka terintegrasi dengan ratusan jaringan berarti bahwa mereka memiliki pandangan menyeluruh tentang keseluruhan jalur konversi.

Dengan demikian, mereka dapat membuat keputusan yang melekat sekaligus mencegah pengiklan ditagih dua atau tiga kali lipat oleh jaringan yang diklik pengguna tetapi bukan klik terakhir.

Analisis Periklanan

Analisis periklanan membuatnya selangkah lebih maju. Dengan mengukur apa yang dilakukan pengguna setelah penginstalan dan menghubungkannya ke sumber perolehan (berbayar, sosial, milik, atau organik), Anda dapat melihat data gabungan dan menentukan jaringan yang menghasilkan pengguna terbaik.

Misalnya, jika pengembang game mengetahui bahwa melewati level 10 adalah indikasi kuat dari nilai umur yang tinggi, dia dapat mengukur in-app event ini dan mencari tahu jaringan mana yang menghasilkan jumlah pemain tertinggi dengan harga terbaik, dan mana yang tidak. , lalu optimalkan sesuai kebutuhan.

Dalam lingkungan aplikasi yang didominasi oleh model freemium, memberikan pengguna berkualitas yang mendorong pendapatan nyata adalah suatu keharusan. Lagi pula, Anda tidak bisa pergi ke bank dengan menginstal.

Kesimpulan

Lingkungan digital tidak hanya mengutamakan seluler – ini adalah aplikasi pertama. Namun, jumlah yang besar juga telah menciptakan ruang yang sangat kompetitif di mana hanya sedikit aplikasi yang berhasil, dan sebagian besar merusaknya.

Agar berhasil, pemasar harus menjalankan kampanye pemasangan aplikasi dan membuat keputusan pemasaran yang cerdas dan berdasarkan data untuk melepaskan diri dari kerumunan dan memastikan anggaran mereka dimaksimalkan secara maksimal.

Leave a Comment

Recent Posts

Hubungi Kami

PT Hostingan Awan Indonesia
Komplek Kencana Damai
Jl Anggrek 3 Blok N.17 (30164)
Palembang. Sumatera Selatan

Email: sales@hostingan.id
Telpon: +(62)-811-157-223
WhatsApp: +(62)-811-157-223
Telegram: @hostinganid