6 Kesalahan Umum Yang Dilakukan Saat Mengelola Bisnis Online

6 Kesalahan Umum Yang Dilakukan Saat Mengelola Bisnis Online

6 Kesalahan Umum Yang Dilakukan Saat Mengelola Bisnis Online – Kegagalan dalam sebuah bisnis adalah hal yang wajar dan justru bisa menjadi pondasi yang cukup kuat bagi seorang pengusaha untuk mengembangkan bisnis selanjutnya. Tapi setidaknya kesalahan-kesalahan yang Anda lakukan sebagai seorang pengusaha adalah kesalahan yang berkualitas, bukannya kesalahan yang disebabkan oleh hal-hal sepele yang sebenarnya bisa dengan mudah diantisipasi.

Terlalu banyak melakukan kesalahan yang kurang berkualitas akan membuang banyak sumber daya Anda dan membuat bisnis tidak berkembang sebagaimana mestinya. Termasuk untuk membangun kredibilitas dari bisnis online yang sedang Anda jalankan. Sekilas nampak mudah karena potensi dan peluang internet yang besar. Tetapi masih banyak pengusaha yang melakukan kesalahan klasik berikut ini yang bisa Anda jadikan bahan pelajaran agar tidak terjebak di lubang yang sama.

Tidak menjual produk di blog

Blog adalah salah satu sarana untuk internet marketing yang banyak dilakukan oleh para pebisnis online. Blog yang digunakan untuk bisnis online harus terus diisi dengan artikel dan konten yang berhubungan dengan niche atau produk yang dijual. Tetapi masih banyak pemiliki blog yang malu-malu mempromosikan produknya melalui artikel blog, khawatir jika artikelnya tidak dipercaya atau tidak berhasil menarik minat pengunjung karena dianggap sebagai blog jualan. Blog yang digunakan untuk bisnis online memang blog jualan, dan jangan ragu untuk menyelipkan produk yang Anda jual di sela-sela bahasan artikel. Yang penting isinya nyambung dan tidak ngawur.

Menjauhkan diri dari kritik

Netizen saat ini seringkali mengeluarkan komentar yang keras dan kadang bernada pedas kepada orang lain. Menjalankan bisnis online maka Anda tidak akan bisa terhindar dari komentar-komentar yang dilontarkan kepada Anda oleh para calon konsumen di internet. Agar bisnis bisa berkembang sesuai dengan keinginan pasar, jangan hanya terbuai dengan segala pujian dan review yang bagus saja. Komentar yang memberikan kritik baik untuk produk atau layanan juga harus dipertimbangkan. Anda pasti bisa membedakan mana kritik yang membangun mana yang hanya ingin menjatuhkan orang lain.

Tidak memiliki sesuatu yang unik

Bisnis online saat ini berkembang sangat pesat di Indonesia, hampir semua produk sekarang dijual secara online. Jika Anda tidak memiliki sesuatu yang unik untuk dijual maka tidak ada yang membedakan Anda dari pengusaha lain yang menjual produk yang sama. Menjual produk yang sama jenisnya tidak masalah, yang penting adalah kreativitas agar produk yang Anda miliki memiliki keunikan dan ciri khas sendiri. Cari atau buatlah sesuatu yang unik untuk produk atau dari metode penjualan dan pelayanan Anda yang bisa memberikan nilai tambah di mata konsumen dan membuat konsumen lebih tertarik membeli di toko Anda ketimbang di tempat lain.

Terlalu banyak ide

Inovasi dan kreativitas adalah kunci dari bisnis online yang bertahan dan berkembang. Anda mungkin punya banyak ide untuk mengembangkan bisnis Anda dan yakin bisa berhasil serta menarik lebih banyak konsumen. Tetapi yang lebih penting bukanlah seberapa banyak ide yang Anda punya namun bagaimana eksekusi ide yang dilakukan. Ide yang tidak ada eksekusinya hanyalah sebuah pikiran yang lama-lama terabaikan. Lebih baik fokus pada sebuah ide pokok dalam pengembangan bisnis online secara bertahap ketimbang memiliki banyak ide untuk konsep tapi tidak punya sumber daya memadai untuk melaksanakan ide tersebut.

Mengurus semuanya sendirian

Jika ada niat untuk mengembangkan bisnis online agar semakin menguntungkan, Anda harus mulai memikirkan untuk memiliki karyawan. Dengan memiliki karyawan, Anda bisa menyerahkan tugas-tugas yang lebih detail kepada karyawan Anda dan Anda bisa fokus untuk pengembangan konseptual dan tugas-tugas yang lebih besar. Memilih karyawan yang bisa loyal dan berdedikasi tinggi memang tidak mudah. Tapi Anda akan sangat terbantu dengan tidak mengkhawatirkan hal-hal kecil dan sifatnya teknis misalnya mengelola sosial media, melakukan pelayanan terhadap konsumen, menghitung keuangan, dan sebagainya.

Merendahkan nilai produk yang dijual

Kesalahan umum terakhir yang sering terjadi pada bisnis online adalah produk yang dijual tampak tidak memiliki nilai yang menarik di mata konsumen. Misalnya dengan menampilkan foto produk yang diambil sekenanya, tidak ada nilai artistik, foto beresolusi rendah sehingga tidak jelas detailnya, dan sebagainya. Foto sangat mempengaruhi impresi yang didapat oleh konsumen karena konsumen tidak bisa memegang langsung produk yang dijual. Produk dengan foto yang bagus akan terlihat lebih bernilai dibandingkan foto yang tampak biasa saja padahal bisa saja harganya lebih murah.

Dan berakhirlah sudah artikel kali ini yang berisi pambahasan 6 Kesalahan Umum Yang Dilakukan Saat Mengelola Bisnis Online, semoga artikel kali ini berguna dan bermanfaat kedepannya untuk kita semua.

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *