Di masa pandemic ini, setiap hari serasa liburan karena tidak bisa kemana – mana. Kalau liburan sesungguhnya pasti terasa berbeda. Memang, kondisi pandemi ini berbanding lurus dengan meningkatnya penundaan pekerjaan di tempat kerja karena tidak bisa beroperasi secara bebas.

Karyawan, baik dari level yang lebih tinggi maupun yang lebih rendah, sebagian pasti ada yang bekerja dari rumah (Work From Home/WFH). Jadi, ketika begitu banyak orang yang bekerja dari rumah maka kantor jadi terasa sepi dan alur kerja melambat, memengaruhi minat Anda pada pekerjaan.

Berikut beberapa Cara Cerdas untuk Menunda Pekerjaan

Dalam kondisi ini, penundaan kerja dilakukan dengan cara apa pun. Namun, ini adalah masalah akal sehat bahwa jika ada sesuatu di sana dan Anda tidak bisa menahannya, lebih baik hadapi saja, lanjutkan!

Tapi, penundaan tidak selalu berarti kontra-produktif, dan ada banyak cara agar Anda bisa tetap produktif saat berada dalam keadaan menunda-nunda. Jadi berikut ini beberapa cara sederhana namun cerdas untuk menunda-nunda di tempat kerja tanpa benar-benar kehilangan banyak produktivitas.

1. Buat Daftar

Anda malas ke kantor karena suasana kerja yang berbeda, tetapi masih harus datang ke kantor. Dalam situasi seperti itu, menjadi sangat sulit untuk membuat diri Anda tetap termotivasi untuk bekerja. Namun, satu hal yang lebih baik daripada ‘melakukan’ pekerjaan adalah ‘memikirkannya’.

Anda dapat melakukannya dengan mencatat semua tugas yang ada di depan Anda, dan menyortirnya menjadi hal-hal yang menjadi prioritas, dan hal-hal yang dapat ditunda. Dengan cara ini Anda dapat mengumpulkan motivasi untuk mengerjakan hanya tugas-tugas yang diprioritaskan dalam daftar Anda, dan tidak semuanya.

Ini bukan hanya opini saya. Riset membuktikan gagasan bahwa membuat daftar adalah langkah kecil pertama untuk mencapai tujuan Anda. Anda juga dapat menggunakan waktu ini untuk membuat daftar tujuan Anda untuk mengisi rasa bosan anda. Tidak peduli tentang apa daftarnya, hal itu akan selalu membawa Anda selangkah lebih dekat ke produktivitas.

2. Bersih-bersih dan atur

Ingin terlihat sibuk tanpa banyak pekerjaan? Coba bersihkan ruang kerja Anda, atur file, folder, dan dokumen yang tersebar di tempat kerja Anda sepanjang tahun. Ini mungkin terlihat seperti Anda membuang-buang waktu, tetapi pada kenyataannya dengan membersihkan ruang kerja Anda, Anda melakukan kebaikan besar bagi diri Anda sendiri.

Selain itu, bukan hanya bilik Anda yang perlu dibersihkan, desktop komputer Anda mungkin juga berantakan, bahkan bisa menjadi akun email Anda yang membanjiri. Kosongkan desktop komputer Anda dari semua file dan folder ekstra dan hapus email besar yang tidak diinginkan yang menghabiskan GB di akun Anda.

Di penghujung hari, Anda tidak hanya akan mendapatkan ruang kerja yang lebih bersih, komputer dengan kecepatan yang ditingkatkan, dan lebih banyak ruang di akun email, tetapi juga perasaan pencapaian yang kuat untuk dibawa pulang.

2. Rapat

Rapat kantor yang membosankan yang selalu Anda anggap sebagai beban, bisa menjadi berkah besar yang terselubung ketika Anda ingin menunda-nunda waktu Anda. Baik mengatur pertemuan atau ikut serta, itu akan selalu membantu dalam menghabiskan waktu yang biasanya berjalan lambat.

Di sisi lain, rapat tidak selalu sia-sia. Faktanya, mereka mungkin benar-benar membantu Anda dengan memberikan platform untuk berbagi situasi Anda dengan orang lain, dan melihat apakah mereka dapat menghubungkan atau menawarkan solusi yang berguna. Selain itu, rapat membantu merampingkan tugas, meningkatkan koordinasi di antara kolega, dan dapat menghidupkan kembali fokus Anda pada pekerjaan.

3. Bantulah

Jika menurut Anda tugas Anda sendiri membuat Anda kehilangan fokus pada pekerjaan, coba tawarkan bantuan Anda kepada teman atau kolega dalam tugas mereka. Anda dapat membantu departemen kreatif dengan beberapa ide, atau masuk ke bagian keuangan dan memilah beberapa file untuk mereka, atau Anda bahkan dapat memeriksa dengan meja resepsionis jika Anda dapat menerima telepon untuknya.

Ini tidak hanya akan membantu Anda melalui kebosanan, tetapi juga dapat membuat Anda menjadi orang yang baik. Bagaimanapun, berbagi dan membantu adalah esensi sejati dari manusia sebagai maklhuk sosial.

4. Menjalankan tugas

Penelitian menunjukkan bahwa kita cenderung menunda-nunda tugas yang kita anggap membosankan, membuat frustrasi, atau sulit. Jadi jika Anda merasa tugas kantor harian Anda menjadi terlalu membosankan untuk Anda, cobalah menggantinya dengan yang tidak terlalu membosankan. Anda dapat menggunakan waktu ini untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu yang tertunda seperti mengunjungi pemasok kantor atau mengganti kartrid yang sekarat di printer kantor.

Jika perlu, Anda bahkan dapat melakukan beberapa tugas pribadi, misalnya, membuat janji makan siang atau  salon bersama kolega Anda. Namun, ingatlah untuk mengambilnya hanya sebagai cara untuk menyegarkan pikiran Anda dan kembali bekerja dengan fokus yang lebih kuat.

Jadi, apakah Anda mengerti maksudnya?

Penundaan pekerjaan karena pandemi seperti saat ini adalah hal yang nyata, dan banyak profesional menderita karenanya, bahkan jika mereka tidak mau mengakuinya. Tetapi jika artikel ini hanya membuat Anda menyadari bahwa Anda benar-benar merasa teralihkan dari pekerjaan selama waktu-waktu ini dalam tahun ini, jangan berkeringat mengeluarkannya dari sistem Anda. Anda dapat melakukan banyak hal jika Anda hanya mengikuti arus dan menjadi pintar tentangnya.

Leave a Comment

Recent Posts

Hubungi Kami

PT Hostingan Awan Indonesia
Komplek Kencana Damai
Jl Anggrek 3 Blok N.17 (30164)
Palembang. Sumatera Selatan

Email: sales@hostingan.id
Telpon: +(62)-811-157-223
WhatsApp: +(62)-811-157-223
Telegram: @hostinganid