Setiap pengusaha harus melalui fase di mana mereka menemukan ulasan negatif tentang produk perusahaan mereka. Ini tidak selalu berarti bahwa produk tersebut buruk, atau memiliki kesalahan. Untuk melihatnya dengan cara yang baik, seseorang memberikan perhatian yang cukup untuk memberikan saran atau komentar yang dapat membantu membuat produk Anda menjadi lebih baik.

Ulasan adalah cerminan dari kinerja perusahaan, dan perusahaan tidak ingin membiarkan mereka berlalu begitu saja. Mereka melihatnya sebagai rapor. Dan seperti analogi ini, produk adalah anak mereka, rapor kinerjanya dan wirausahawan adalah orang tua yang ingin ‘anak’ mereka melambung tinggi dan meraih kesuksesan besar.

Ulasan negatif bisa sangat menurunkan semangat karena banyak dana, tenaga dan waktu yang dihabiskan untuk produk untuk memastikan keberhasilannya. Selain itu, ulasan negatif dapat berdampak negatif, yang menyebabkan hilangnya kepercayaan pada pelanggan, terutama saat produk dipasarkan secara online.

Meskipun demikian, pelanggan yang memposting ulasan negatif mungkin adalah orang-orang yang mungkin menganggap produk tersebut dapat diterima tetapi tidak terlalu puas dengan aspek-aspek tertentu dari produk tersebut. Penting bagi pengusaha untuk memahami mengapa pelanggan memposting ulasan negatif ini dan apa yang harus dilakukan.

Ambil Hikmah dari Ulasan Negatif

Ulasan negatif sebenarnya dapat menjadi kekuatan penuntun ketika perusahaan mengembangkan lini produk berikutnya. Sebagai seorang pengusaha, Anda harus memastikan lini produk berikutnya dari perusahaan Anda akan tetap bebas dari kesalahan yang ditunjukkan oleh ulasan sebelumnya. Itulah salah satu alasan mengapa perusahaan telepon seluler datang dengan model baru satu demi satu, dengan fitur yang baru ditambahkan, dan dalam beberapa kasus, penghapusan beberapa fitur buggy atau rusak. Produsen ponsel sangat bergantung pada review untuk mengetahui tingkat penerimaan produk mereka di antara pengguna, dan juga untuk mengetahui apa yang diinginkan pengguna mereka.

Mereka berupaya untuk meningkatkan produk berikutnya, sesuai dengan bagaimana pelanggan bereaksi terhadap fitur yang ada di model masa lalu dan sekarang, dan juga untuk membuat produk lebih ramah pengguna. Baik Anda termasuk dalam industri makanan, industri teknologi, atau industri lainnya, ulasan negatif akan membantu Anda mendapatkan gambaran yang jelas tentang kinerja produk Anda di mata pelanggan. Ambil petunjuk dari ulasan tersebut dan ubah produk Anda agar sesuai dengan selera pelanggan, dan juga ciptakan produk masa depan yang lebih baik saat perusahaan Anda memperluas platform produknya.

Ambil Tindakan Jika Perlu

Ulasan umumnya mengungkapkan apa yang dipikirkan pelanggan tentang suatu produk. Oleh karena itu, pengusaha akan mencari ulasan negatif sehingga mereka dapat menemukan kesalahan dalam produk mereka dan memperbaiki masalah tersebut. Jika sebagian besar ulasan menunjukkan kesalahan yang sama pada suatu produk, sekarang saatnya untuk duduk dan mencari tahu alasannya. Jika perlu, pemeriksaan internal harus dilakukan untuk mengetahui apakah kesalahan tersebut ada dan tindakan apa yang diperlukan untuk memperbaiki masalah tersebut. Inilah yang terjadi pada 2010 pada raksasa mobil BMW.

Pabrikan mobil mewah menghadapi situasi yang sangat mirip, ketika pelanggan mengeluhkan rem mereka, terutama Seri 5, 6, dan 7. Perusahaan memutuskan untuk mengambil langkah konkret untuk memperbaiki cacat produksi, meskipun itu berarti pukulan bagi saham perusahaan dan reputasinya. BMW meminta pemilik lebih dari 350.000 pemilik mobil untuk membawa mobil mereka agar mereka dapat memperbaiki remnya. Perusahaan mengambil tindakan karena merasa reputasinya dipertaruhkan, dan mungkin karena keamanan mobil mereka telah terganggu.

Mungkin tidak setiap wirausahawan dapat bertindak sejauh yang dilakukan BMW, tetapi dalam mengambil tanggung jawab atas masalah tersebut dan menghasilkan solusi tanpa biaya kepada pelanggan mereka, BMW dapat memperoleh kembali kepercayaan pelanggan pada produk dan perusahaan mereka, sehingga mengamankan reputasi dan pelanggan masa depan mereka.

Ulasan Desain Produk

Tidak banyak pengusaha yang menyadari fakta bahwa ulasan desain produk yang negatif dapat berdampak buruk dalam jangka panjang. Banyak pengusaha kehilangan trik ketika mereka tidak terlalu mementingkan desain ulasan. Anda harus memahami bahwa pesaing Anda akan mengawasi bagian ulasan produk Anda dan mereka tidak akan pernah melewatkan detail apa pun tentang ulasan yang menyebutkan celah desain produk.

Ingat, kualitas tidak bisa ditiru, tapi desain bisa. Pesaing akan membaca ulasan desain produk negatif perusahaan Anda dan mendapatkan desain yang sama pada produk mereka sendiri yang sesuai dengan imajinasi pelanggan Anda. Ini dengan sendirinya, memungkinkan mereka untuk mendapatkan keuntungan atas Anda.

Anda akan tetap percaya bahwa review desain tidak akan mempengaruhi penjualan produk Anda. Pada kenyataannya, memang demikian, terutama ketika Anda menemukan produk saingan serupa dengan desain yang lebih baik mengambang di pasar. Dampaknya mungkin tidak tiba-tiba tetapi bisa merusak dalam jangka panjang. Cara terbaik adalah mencari ulasan semacam itu dan memberikan solusi secepatnya. Perubahan desain produk mungkin tidak dapat segera diterapkan. Tetapi Anda harus mencoba dan melakukan apa yang Anda bisa untuk mencegah pesaing memanfaatkan kekurangan Anda.

Memperjelas Keraguan yang Timbul dari Ulasan

Setiap ulasan tentang produk perusahaan akan membekas di benak calon pelanggan. Ulasan negatif bisa lebih merusak karena cenderung “menarik”. Pengusaha harus menanggapinya dengan serius dan mengkaji ulang. Situs web perusahaan adalah tempat terbaik untuk menjawab ulasan kembali. Melakukan hal itu akan memberikan kesempatan bagi calon pelanggan untuk mengetahui tentang produk dan membantu mereka mengklarifikasi keraguan yang mungkin muncul di benak mereka setelah membaca ulasan negatif. Carilah forum yang memiliki bagian ulasan tentang produk perusahaan Anda dan pastikan Anda menjadi anggota untuk mengetahui ulasan apa yang sedang diposting. Segera balas ulasan negative tersebut.

Jika Anda menjawab kembali ulasan, ada dua manfaat yang disiapkan untuk Anda. Pertama, calon pelanggan yang mencari produk Anda akan terkesan dengan fakta bahwa Anda memiliki perhatian yang tulus terhadap produk Anda, dan tidak ingin membiarkan ulasan negatif merusak reputasi produk Anda. Kedua, ini juga menunjukkan bahwa perusahaan sangat terlibat dalam menjaga kepuasan pelanggan yang ada. Pelanggan akan meninggalkan kesan bahwa perusahaan serius dengan bisnisnya, dan memiliki perhatian yang besar terhadap pertumbuhan. Oleh karena itu, ini akan meminimalkan efek tinjauan buruk.

Ada Baiknya Memiliki Beberapa Hal Negatif

Tidak semua ulasan buruk merusak. Jika ada sedikit ulasan negatif yang berantakan di sebagian besar ulasan positif, itu benar-benar membantu. Walaupun mungkin terdengar sangat aneh, namun faktanya sebagian kecil review negatif akan membuat pembeli penasaran dengan suatu produk. Ini bahkan dapat mengarahkan pembeli untuk mencoba produk itu dalam upaya untuk menguji keaslian ulasan tersebut.

Tidak semua pembeli hanya bergantung pada ulasan orang lain untuk membuat keputusan sendiri. Namun, pertanyaannya adalah bagaimana memutuskan ulasan mana yang tidak merusak. Ulasan negatif yang tidak menyinggung kualitas suatu produk mungkin tidak seburuk itu. Tidak masalah produk apa yang dijual perusahaan Anda, jika ulasan, betapapun negatifnya, tidak mengacu pada konsekuensi buruk yang timbul dari penggunaan produk, Anda dapat mempertimbangkan untuk membiarkannya masuk.

Kesimpulan

Ulasan negatif pasti akan muncul, tidak peduli seberapa bagus produk Anda. Akan selalu ada seseorang yang tidak akan menghargai produk Anda. Produk Anda mungkin tidak sesuai dengan selera mereka, atau Anda mungkin menemukan seseorang yang memiliki kebiasaan memposting ulasan negatif. Mungkin ada sejumlah alasan di balik ulasan buruk. Ini adalah bagaimana wirausahawan seperti Anda bereaksi terhadap ulasan negatif ini dan menanganinya yang membedakan Anda dari orang lain.

Leave a Comment

Recent Posts

Hubungi Kami

PT Hostingan Awan Indonesia
Komplek Kencana Damai
Jl Anggrek 3 Blok N.17 (30164)
Palembang. Sumatera Selatan

Email: sales@hostingan.id
Telpon: +(62)-811-157-223
WhatsApp: +(62)-811-157-223
Telegram: @hostinganid