Bisnis merupakan hal yang diinginkan oleh kebanyakan orang. Melalui bisnis, seseorang bisa mendapatkan penghasilan sendiri dengan usahanya sendiri. Meski demikian, tidak banyak orang yang mau memulai bisnis karena minimnya pengetahuan dan besarnya resiko yang akan diterima. Walaupun sulit, bukan berarti tidak solusi untuk itu.

Anda bisa mempersiapkan terlebih dahulu untuk mengurangi kemungkinan resiko yang muncul. Dari banyaknya hal yang perlu dipersiapkan salah satunya adalah perencanaan pemasaran. Ini merupakan bagian terpenting dalam berbisnis. Melalui pemasaran, anda akan mengenalkan bisnis anda kepada orang lain agak tertarik dan membeli produk atau jasa anda.

Pengertian Perencanaan Pemasaran

Perencanaan pemasaran adalah bagian dari proses manajemen yang mengacu pada strategi pemasaran untuk mencapai tujuan perusahaan sehingga didapatlah serangkaian proses sistematis untuk memperoleh keputusan rencana pemasaran.

Istilah lain dari perencanaan pemasaran adalah marketing plan. Marketing plan adalah sebuah perencanaan yang fokus pada prinsip ekonomi yaitu memperoleh keuntungan sebesar – besarnya dengan pengeluaran sekecil – kecilnya.

Perencanaan pemasaran tidak bisa dilakukan secara asal – asalan. Harus ada riset terlebih dahulu. Bagaimana karakter calon pelanggan, lingkungan bisnis, dan lain sebagainya. Selanjutnya anda bisa mengambil langkah strategi untuk promosi dan koordinasi pemasaran secara luas.

Tujuan Perencanaan Pemasaran

Tahap perencanaan pemasaran tidak berhenti sampai promosi saja. Anda harus melakukan riset penjualan dan pelanggan secara berkala untuk meninjau kebutuhan pelanggan dan perkembangan lingkungan dan waktu. Hal ini bisa anda lakukan dengan memahami apa itu tujuan perencanaan pemasaran. Berikut penjelasannya

–     Melakukan riset dan mencari informasi sebanyak  mungkin mengenai perkembangan pasar dan juga competitor

–     Menciptakan dan membangun relasi yang luas dengan orang, organisasi maupun perusahaan

–     Bersifat fleksibel dengan mengikuti perkembangan zaman dan segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis

–     Menciptakan usaha yang efektif dan efisien untuk menghasilkan laba yang tinggi

Manfaat Perencanaan Pemasaran

Perencanaan pemasaran memerlukan persiapan yang matang. Persiapan yang diperlukan pun meliputi banyak aspek diantaranya persiapan dari sisi karyawan, modal, marketing, produk, layanan dan lain sebagainya.

Semua persiapan perencanaan pemasaran ini memberikan manfaat yaitu untuk menghasilkan kerjasama yang efektif dan efisien antar divisi yang selanjutnya perkembangan perusahaan akan ditinjau oleh bagian manajemen. Kemudian keputusan akhir bisa diambil setelah ada evaluasi dari hasil identifikasi sebelumnya.

Tahapan Penyusunan Perencanaan Pemasaran

Ada banyak komponen yang diperlukan dalam menyusun perencanaan pemasaran. Anda memerlukan beberapa informasi sebagai acuan dasar misalnya informasi mengenai kompetitor mulai dari kekuatan/kelemahan, kualitas produk/layanan dan lain – lain. Setelah melakukan riset, anda bisa Menyusun perencanaan pemasaran dan menerapkannya setiap hari. Selanjutnya anda bisa mengamati apakah tahapan yang anda lakukan memberikan hasil yang baik atau tidak. Dan yang terpenting adalah usaha yang dilakukan harus tepat sasaran. Artinya, rencana pemasaran yang dilakukan mampu mencapai target konsumen yang diharapkan. Berikut tahapan perencanaan pemasaran yaitu

1.      Mengumpulkan Informasi dan Menganalisis Kondisi

Pada tahap awal, yang terpenting adalah mengumpulkan informasi. Anda bisa menggali informasi dari berbagai pihak. Caranya adalah dengan menggunakan metode analisis SWOT. SWOT memiliki kepanjangan yaitu Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman). Analisa SWOT akan membantu dalam mengatur dan Menyusun strategi yang tepat untuk mencapai target.

2.      Tentukan Tujuan dan Sasaran

Bagian manajemen dan marketing akan bekerjasama dalam menentukan target dan sasaran sehigga dapat diterima pelanggan. Selanjutnya anda bisa mengatur anggaran dan promosi.

Tahapan ini juga sangat penting, karena menentukan sasaran yang harus dilakukan dengan tepat. Beberapa sasaran yang harus dilakukan dalam perencanaan pemasaran adalah sasaran periklanan dan penetrasi pasar.

3.      Menyusun Strategi Pemasaran

Tahapan ketiga ini harus disusun sebaik mungkin. Strategi pemasaran disusun agar mampu mengalahkan kompetitor yang ada. Strategi harus matang dan sedetail mungkin untuk keperluan jangka panjang.

Di era teknologi saat ini, pemasaran media online adalah pilihan terbaik dalam promosi dan memasarkan produk. Media online yang anda gunakan bisa berupa media sosial, blog, website dan lain – lain.

4.      Membentuk Tim Khusus

Setelah selesai melakukan riset dan menyusun strategi, maka tiba saatnya bagi anda untuk merealisasikannya. Agar memperoleh maksimal, maka harus dibuat tim khusus yang kompeten untuk melaksanakannya. Tim khusus yang dibentuk terdiri dari anggota yang berbakat pada bidangnya.

Jika anda kesulitan untuk merekrut orang yang anda perlukan, anda bisa menggunakan jasa outsourching. Atau perusahaan anda bisa melakukan training terlebih dahulu bagi orang – orang yang sudah terpilih.

5.      Menghitung Budget dengan Tepat

Ada hal penting lainya yang juga harus diperhitungkan. Anda perlu menyiapkan budget untuk segala keperluan mulai dari tahap awal sampai akhir. Lakukan perhitungan secara detail dan hati – hati.

Leave a Comment

Recent Posts

Hubungi Kami

PT Hostingan Awan Indonesia
Komplek Kencana Damai
Jl Anggrek 3 Blok N.17 (30164)
Palembang. Sumatera Selatan

Email: sales@hostingan.id
Telpon: +(62)-811-157-223
WhatsApp: +(62)-811-157-223
Telegram: @hostinganid