Dunia teknologi internet penuh dengan inovasi baru setiap bulan. Jika Anda pernah menghabiskan waktu untuk meneliti media sosial maka Anda mungkin akrab dengan istilah “startup”. Ini biasanya menggambarkan peluncuran bisnis baru di pasar tertentu, yaitu startup teknologi adalah startup yang didasarkan pada produk atau layanan teknologi. Facebook dulunya bisa dianggap sebagai startup, bersama dengan Twitter. Contoh yang lebih baru adalah Foursquare dan Pinterest.

Teknologi yang muncul dengan setiap startup Internet. Itulah yang membuat mereka begitu hebat, tetapi di balik layar, rute permulaan membutuhkan jam kerja yang sangat panjang dan dedikasi yang tinggi. Anda harus fokus pada sejumlah strategi termasuk desain produk, pemrograman, pemasaran, dan struktur bisnis. Memang banyak kerja keras, tetapi juga sangat bermanfaat dalam jangka panjang.

Pada artikel ini akan membahas beberapa ide untuk memulai startup Anda sendiri. Ini mungkin menargetkan tim yang sudah mengerjakan produk, atau bahkan freelancer yang tertarik untuk meluncurkan produk mereka sendiri. Apa pun situasi Anda, tip-tip ini akan membuat Anda terinspirasi dan berpikir dengan jiwa kewirausahaan.

Menciptakan Ide yang Berani

Untuk maju dengan startup teknologi, Anda harus memiliki ide yang cukup mendasar. Ini bisa berupa konsep situs web baru, aplikasi seluler, solusi hosting web, pengelolaan sistem, dan lain-lain. Semakin banyak informasi yang Anda miliki di tahap awal, semakin mudah prosesnya.

Rekomendasi saya adalah menyiapkan daftar pro dan kontra untuk ide baru apa pun. Katakanlah proyek jejaring sosial; mungkin ide situs web ini memiliki beberapa fitur eksklusif untuk menghubungkan orang-orang secara lokal, bukan secara global seperti cara kerjanya dengan jejaring sosial saat ini.

Apakah ini lebih baik atau ini kurang? Penting untuk memvisualisasikan ikhtisar yang jelas dan ringkas tentang apa yang Anda tawarkan dalam menghadapi persaingan. Gunakan daftar poin dengan komentar untuk memudahkan pengguna dalam mengeluarkan pendapat.

Percayalah bahwa akan selalu ada persaingan – tetapi itu juga yang membuat dunia menjadi begitu hebat. Kami dapat berinovasi berdasarkan ide orang lain untuk membuat produk baru yang akan disukai dan dapat dimanfaatkan oleh orang lain. Idenya adalah tentang belajar dari kesalahan sebelumnya dan memperbaikinya dalam proyek Anda sendiri.

Merakit Tim Anda

Mungkin terdengar menguntungkan bagi freelancer untuk meluncurkan sebuah startup dan menjalankan semuanya sendiri. Dan jika Anda hanya mencari kesuksesan ringan maka rute ini memungkinkan. Tetapi perhatikan bahwa begitu ide Anda berkembang, akan ada terlalu banyak tugas yang harus ditangani oleh satu orang.

CEO umumnya adalah orang yang menjalankan tugas sehari-hari, tetapi dia akan membutuhkan staf bantuan untuk menjawab dukungan email dan masalah umum pengguna. Ide teknologi juga perlu memiliki beberapa keberadaan web, dan untuk itu, diperlukan perancang web / pengembang frontend, bersama dengan eksekutif pemasaran dan pencitraan merek.

Tetapkan dengan tujuan

Pertama, Anda dapat memilih untuk mendapatkan pendapat setiap anggota tentang apa yang paling mereka sukai dan apa yang ingin mereka lakukan. Namun, cobalah untuk tidak menyesuaikan peran berdasarkan keinginan setiap orang, melainkan berdasarkan tujuan inti startup Anda. Multi-tasking cukup umum di lingkungan kerja yang bergerak cepat. Tetapi semakin cepat Anda terburu-buru selama tahun-tahun awal, semakin cepat Anda mulai menghasilkan keuntungan nyata.

Ingatlah bahwa tim yang baik didasarkan pada kualitas kerja, bukan kuantitas anggota.

Jika idenya sangat teknis maka proses ini mungkin akan berlarut-larut untuk menemukan bakat yang tepat. Tetapi banyak startup dapat berhasil bahkan dengan hanya 2 atau 3 karyawan untuk memulai. Jika Anda memiliki sekelompok teman dengan semangat dan dedikasi yang cukup untuk suatu proyek, seharusnya tidak sulit untuk mengajari diri Anda sendiri area pengembangan atau keterampilan bisnis baru. Cara untuk membuat diri Anda dikenali adalah dengan bekerja dalam angka dan tidak pernah menyerah!

Pengembangan produk

Memiliki ide bagus dan tim yang hebat akan membuat startup teknologi Anda berjalan dengan baik. Penghalang pandangan pertama yang akan Anda hadapi adalah mengembangkan produk awal. Fase pra-produksi ini bisa sangat membosankan bagi semua orang yang terlibat. Tujuannya adalah mengeluarkan sesuatu secara online secepat mungkin.

Jangan membuat kode ceroboh atau bagian situs web yang rusak, tetapi jangan menunggu hingga setiap fitur berfungsi sebelum merilis aplikasi beta. Peluncuran awal ini akan membangun nama merek Anda dan Anda dapat memperoleh banyak dukungan sejak awal.

Twitter mengeluarkan versi yang jauh lebih sederhana ketika pertama kali diluncurkan pada tahun 2006. Seiring waktu, tim pengembangan mereka telah memasukkan pesan langsung (pribadi), @replys, pemendekan tautan, media foto / video sebaris, dan banyak fitur lainnya. Tak satu pun dari ide-ide ini dihasilkan dalam semalam. Dan Twitter juga tidak menunggu hingga aplikasinya sempurna sebelum mereka meluncurkannya. Ketika pengguna mulai mendaftar dan men-tweet, hal itu menghidupkan jejaring sosial. Beberapa tahun setelah peluncuran, Twitter merilis API untuk pengembang karena semakin banyak pengguna yang bergabung dan mulai aktif menggunakan jaringan di ponsel mereka.

Pelajaran di sini haruslah bermimpi besar namun bekerja secara lokal. Jaga diri Anda tetap membumi dan fokus untuk menyelesaikan 1-2 tugas utama per hari. Jangan menunggu semuanya menjadi sempurna sebelum siaran langsung. Faktanya, beberapa bulan pertama setelah peluncuran awal dapat dilihat sebagai uji coba untuk mengumpulkan masukan pengguna.

Desain untuk Kegunaan

Ada beberapa cara berbeda untuk menafsirkan pengembangan “produk”. Setelah situs / aplikasi / perusahaan Anda resmi online, fase pengembangan produk tidak akan berakhir. Tim Anda akan mengubah persneling untuk membersihkan bug dan mungkin bahkan mengembangkan beberapa fitur tambahan sesering itu. Ini adalah tahap di mana startup cenderung menyimpang dari jalur. Terlalu mudah untuk menyelesaikan dengan mencoba menyelesaikan desain antarmuka baru untuk ketiga kalinya di bulan yang sama.

Pertahankan pengembangan produk yang bertujuan – yaitu, fokus pada hal-hal yang benar-benar akan memengaruhi bisnis Anda. Perbarui bagian tata letak untuk keuntungan pengguna dan bukan keistimewaan Anda sendiri.

Promosi dan Pemasaran

Jika Anda terbiasa dengan dunia startup, Anda mungkin juga tertarik dengan keuangan tinggi. Di sisi bisnis, ini dapat diterjemahkan menjadi investor malaikat dan modal ventura untuk ide-ide pemula yang sedang berkembang. Siapa bilang startup Anda tidak bisa menjadi bagian dari keramaian?

Uang untuk perusahaan rintisan teknologi lebih mudah didapat sekarang meskipun ini masih bukan opsi yang 100% layak dan Anda tidak boleh menggantungkan nasib ide Anda untuk mengharapkan pendanaan awal.

Mengenai promosi untuk pendanaan, Anda tidak perlu pergi ke pertemuan mewah untuk melakukan promosi terbaik Anda. Namun Anda dapat mengembangkan beberapa ringkasan berbeda untuk produk Anda, menjelaskan apa yang ingin Anda capai. Ini bisa berupa presentasi mini yang berdurasi 30 detik, 1 menit, 3 menit, atau maksimal 5 menit. Masing-masing akan berisi informasi yang sama tetapi disaring untuk menghemat waktu. Menyusun konsep Anda penting untuk hubungan bisnis, terutama untuk tren pemasaran.

Pemasaran Internet

Apa pun startup teknologi Anda, kemungkinan besar dapat menemukan outlet untuk pemasaran online. Internet jelas merupakan cara tercepat untuk membangun buzz seputar produk Anda dan melakukan branding perusahaan. Untuk memulai, Anda dapat membuat profil media sosial dengan URL cantik yang sesuai dengan merek perusahaan Anda sendiri.

Pemasaran sejati adalah tentang membanjiri produk Anda di area orang-orang dengan minat yang sama. Anda dapat mencoba memasang iklan untuk startup hosting Anda di forum webmaster dan papan buletin online. Sebagai alternatif, Anda dapat menargetkan blog dan situs web yang lebih kecil, dan alih-alih membayar ruang iklan, berikan beberapa jenis pertukaran tautan. Anda juga dapat mencoba mencari blog untuk mengulas produk Anda dan menerbitkan beberapa posting online.

Tidak ada batasan pemasaran untuk produk tertentu. Ada baiknya untuk mendapatkan tim kecil yang terdiri dari 2-3 rekan dekat yang dapat bertukar pikiran tentang teknik-teknik kreatif. Tidak ada salahnya mencoba metode baru untuk membangun keberadaan web Anda.

Tanamkan Tujuan

Ada lusinan startup yang berjalan tanpa menentukan tujuan sebenarnya. Itu juga umum untuk melihat perusahaan tumbuh kemudian mengubah tujuan mereka agar sesuai dengan basis pengguna yang berubah. Anda harus merasa nyaman dengan ide-ide ini saat bergerak untuk meluncurkan startup Anda sendiri. Dibutuhkan keberanian untuk mengakuinya ketika area rencana Anda gagal. Tetapi jenis kepemimpinan ini akan membuat tim tetap hidup dan berdedikasi untuk hasil akhir yang lebih baik. Jika itu membuat segalanya lebih mudah, pertahankan tujuan Anda bergantung pada pendapat pengguna Anda. Produk apa pun yang Anda kembangkan harus dibuat untuk membantu orang-orang di berbagai bidang industri.

Tujuan menyeluruh ini tidak dapat direncanakan secara keseluruhan sejak awal. Seperti kebanyakan hal dalam bisnis, ini datang seiring dengan waktu dan kesabaran. Tetapi Anda masih dapat mengembangkan rencana tindakan untuk mencapai tujuan dan bersedia menyesuaikan strategi Anda juga.

Tentu saja Anda harus bekerja untuk menghasilkan keuntungan. Ada tagihan yang harus dibayar tetapi simpan uang di tempatnya dan jangan menjual moral & standar pribadi Anda untuk mendapatkan beberapa dolar tambahan. Jika Anda dapat menemukan nilai dalam hidup Anda dari membangun produk teknologi ini, maka pertahankanlah! Ada banyak hal yang bisa dipelajari dengan bekerja di lingkungan startup.

Kesimpulan

Kami telah membahas banyak hal untuk mendapatkan pendatang baru yang up-to-date di dunia startup. Membuat lingkungan startup berbeda dengan membuat situs web sederhana online. Anda tentu ingin memenuhi kebutuhan khusus yang akan dipegang publik. Startup teknologi benar-benar bekerja untuk orang-orang dalam mengembangkan sistem komunikasi dan konektivitas baru.

Tidak ada yang bisa menjamin setiap ide startup akan berhasil. Terlalu sering para pendiri kehilangan kontak dengan tujuan awal mereka dan tim mulai terpecah. Mempelajari cara bertindak dan bereaksi di industri startup hadir dengan pengalaman, terlepas dari usia Anda saat ini. Memulai sekarang akan memberi Anda pengalaman itu lebih awal, dan semoga Anda akan melihat hasil yang positif setelah kerja keras selama beberapa tahun.

Leave a Comment

Recent Posts

Hubungi Kami

PT Hostingan Awan Indonesia
Komplek Kencana Damai
Jl Anggrek 3 Blok N.17 (30164)
Palembang. Sumatera Selatan

Email: sales@hostingan.id
Telpon: +(62)-811-157-223
WhatsApp: +(62)-811-157-223
Telegram: @hostinganid