Pemakaian Internet di Indonesia lumayan besar dan benar-benar aktif karena mendukung bermacam keperluan setiap hari. Ini jadi hal yang lumrah, mengingat sebagian besar bidang telah tersambung ke internet, terhitung dari bidang usaha yang mulai melakukan perubahan dalam sisi pemasaran.

Marketing yang dahulu dilaksanakan dengan memakai flyer, banner, koran, sekarang berpindah ke media digital dan internet, yang selanjutnya dikenali dengan istilah strategi internet marketing dan digital marketing. Makna keduanya terlihat mirip tapi sesungguhnya berbeda. Meski demikian, keduanya memiliki tujuan sama yaitu satu langkah untuk pasarkan produk secara luas memakai internet.

Kedua strategi marketing yang terkenal di tengah-tengah warga dan disukai banyak pebisnis / merek ini memiliki ketidaksamaan yang cukup menonjol jika disaksikan dari implementasi dan langkah kerja marketing produknya. Berikut akan diterangkan mengenai ketidaksamaan keduanya.

Apa Itu Strategi Internet Marketing dan Digital Marketing?

Internet marketing ialah strategi untuk memasarkan produk lewat internet dengan arah promo, branding, tingkatkan pemasaran, mempengaruhi customer untuk beli, baik itu barang atau layanan. Maka langkah marketingnya lebih konsentrasi ke pemakai internet dengan manfaatkan web, Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), mobile marketing, media sosial , dan ada masih banyak lagi.

Sementara digital marketing sebagai satu mekanisme marketing produk yang mencapai konsumen setia dengan cepat, pas, dan individu, lewat media digital dan internet. Dalam kata lain, internet marketing masuk dalam implementasi digital marketing. Media digital mempunyai capaian yang lebih luas diperbandingkan dengan internet.

Marketing lewat media digital, seperti iklan TVC, e-book, koran digital, company profil video, e-mail marketing, endorse influencer, SMS broadcast, iklan pay per klik, iklan spanduk, pay per sale, pay per lead, dan lain-lain.

Konsentrasi khusus dalam digital marketing tidak hanya tertuju pada menarik konsumen setia untuk tingkatkan pemasaran saja, karena digital marketing tidak cuma mempromokan sebuah produk atau merek, tapi juga membuat merek awareness dan konsumen relation.

Lalu, Apa Saja Manfaat dari Strategi Internet Marketing dan Digital Marketing?

Kalau sudah diketahui mengenai ketidaksamaan kedua langkah marketing itu, karena itu sebagai aktor usaha Anda harus ketahui faedah saat memakai tehnik atau strategi yang ada. Ingat makin hari kompetisi usaha dan pengembangannya terus banyak muncul. Maka, memberi pengalaman terbaik pada beberapa customer sangat penting karena itu media digital dan internet yang ada sekarang ini telah selayaknya Anda pakai secara optimal untuk meningkatkan usaha Anda.

Berikut manfaat dari menjalankan tehnik internet marketing dan digital marketing:

Meningkatkan Daya Jual

Dengan optimisasi kedua tehnik itu tentu saja dapat meningkatkan pemasaran. Karena, customer dapat memperoleh info sekitar produk tanpa terbatas oleh jarak dan waktu. Customer lama atau calon customer baru dapat melihat produk yang diharapkan tanpa ribet berkunjung toko off line Anda atau menanti toko Anda membuka. Mereka cukup berkunjung web, account sosial media, dan tempat pemasaran yang lain sepanjang 24 jam. Ini membuat pembelian jadi lebih ringkas dan cepat.

Memudahkan dalam Membangun Hubungan Baik dengan Customer

Jarak sebagai hal paling mengusik dan menjadi penghalang satu usaha. Tapi sekarang, hal itu tidak jadi masalah kembali karena ada media digital dan internet. Usaha atau merek Anda jadi lebih gampang untuk tersambung dengan customer.

Permasalahan pemesanan dapat dilaksanakan lewat jaringan telepon, sosial media, e-commerce dan web toko online. Demikian juga dengan permasalahan service terhdap customer untuk aduan yang tidak terbatas waktu. Ini penting untuk membangun jalinan baik dengan customer supaya mereka senang dengan service usaha Anda. Makin Anda cepat tanggap pada keperluan customer, makin suka mereka belanja di online shop Anda.

Biaya Marketing lebih Irit

Untuk usaha bertaraf kecil, berpromosi di internet atau media digital tidak akan habiskan banyak ongkos. Ini karena untuk bikin account sosial media tidak dikenai ongkos serupiahpun. Anda perlu berpromosi di account itu, lalu tempatkan produk yang dipasarkan pada satu atau banyak situs e-commerce.

Kalaulah membuat web toko online punya Anda sendiri dan menempatkan iklan di Facebook ads, Google ads, atau bekerjasama dengan influencer, ongkos pemasarannya masih lebih irit diperbandingkan marketing konservatif seperti menebar brosur dan menempatkan iklan di media. Disamping itu, lakukan marketing  cara dengan cara online yang periode waktu marketingnya lebih long lasting.

Leave a Comment

Recent Posts

Hubungi Kami

PT Hostingan Awan Indonesia
Komplek Kencana Damai
Jl Anggrek 3 Blok N.17 (30164)
Palembang. Sumatera Selatan

Email: sales@hostingan.id
Telpon: +(62)-811-157-223
WhatsApp: +(62)-811-157-223
Telegram: @hostinganid