Siapa yang belum pernah mendengar tik tok? Hampir semua orang sudah pernah mendengar dan bahkan menggunakannya. Mulai dari pria-wanita, tua-muda, dewas-anak, semua sudah mengenal aplikasi baru ini. Pada awal kemunculannya, tiktok memang menawarkan fitur seperti media sosial seperti pada umumnya. Namun, seiring meningkatnya pengguna tiktok, banyak orang yang memanfaatkannya untuk keperluan marketing.

Jika anda tertarik untuk mengembangkan bisnis anda melalui aplikasi tiktok, maka tetaplah disini untuk informasi lebih lengkap. Tiktok menyediakan fitur dimana anda bisa fokus untuk marketing bisnis melalui aplikasi ini. Sebagai langkah awal, anda harus mempunyai akun tiktok terlebih dahulu.

Membuat Akun Bisnis di TikTok

Fitur akun bisnis ini baru saja muncul, jadi belum banyak yang menggunkannya. Sebelum mempelajari lebih lanjut, anada bisa membuat akun bisnis TikTok dengan mengikuti langkah – langkah sebagai berikut

1. Buat akun TikTok

Membuat akun tiktok tidak jauh berbeda dengan aplikasi sosial media pada umunya. Anda hanya perlu mendownload aplikasinya melalui playstore atau Appstore. Lalu, selanjutnya anda hanya tinggal mengikuti instruksi yang diberikan. Jika sudah selesai, anda bisa login melalui akun Google, email, Facebook atau twitter.

2. Setup Akun

Jika sudah login tiktok, anda bisa menyettingnya dengan cara

–     Klik Tap Me yang terletak di pojok kanan bawah

–     Klik Edit Profile untuk memberikan info lengkap mengenai bisnis atau diri anda, menampilkan foto atau logo brand sebagai foto profil. Selain itu, anda juga bisa menambahkan link website, Instagram, email, atau kontak lainnya di profil.

3. Klik titik tiga pada bagian kanan atas, lalu pilih Manage My Account.

4. Rubah akun TikTok menjadi akun professional

Anda bisa melakukannya dengan memilih kategori Business atau Creator lalu, klik next.

Strategi Marketing TikTok

Meski marketing bisnis melalui tiktok terlihat menjanjikan, anda perlu ingat bahwa setiap strategi marketing yang anda pilih harus disesuaikan dengan karakteristik dari calon pelanggan. Jika, calon pelanggan anda bukanlah penikmat atau penggemar tiktok, maka usaha anda akan sia-sia.

Jika, anda sudah memutuskan bagaimana karakterisktik dari calon pelanggan anda, pelajari tema atau trend video di tiktok yang sedang populer. Sebelum mengambil langkah lebih jauh, anda harus mempelajari dan mengenal tiktok dahulu. Untuk itu, luangkan waktu anda untuk mengenal tiktok.

Mengenal TikTok

Kenapa harus mengenal tiktok? Agar anda bisa mengambil langkah awal dengan benar karena marketing bisnis pada TikTok sangat berbeda dengan Instagram dan Facebook. Ada banyak fitur penunjang yang mungkin belum anda keathui. Misalnya saja fitur yang tersedia di aplikasi dari efek, filter, serta lagu-lagu yang sedang hits di TikTok.

Disamping itu, adapula fitur untuk menggunakan hashtag challenges dari brand anda. Tentu saja, fitur ini akan membantu audiens untuk berinteraksi dengan membuat ulang gerakan dance dan lagu yang anda buat. Ketika banyak akun membuat ulang audiens anda, maka tanpa disadari brand anda akan semakin banyak dilihat orang. Jika beruntung, diantara akun – akun tersebut bisa jadi tertarik dengan yang anda tawarkan atau tertarik untuk membangun kerjasama. Tersedia pula, fitur duet di TikTok yang bisa membantu dalam meningkatkan engagement brand anda.

Anda harus memahami bagaimana tiktok menampilkan video di halaman penggunanya, agar anda bisa memberikan hashtag, info konten,  dan strategi marketing TikTok yang efektif dengan brand anda.

Menentukan Target Audiens

Pada langkah sebelumnya, anda sudah mencoba untuk mengenal calon audiens dan fitur pada tiktok. Selanjutnya anda harus melakukan perhitungan yag matang dalam membuat konten baru di tiktok. Agar anda menarik minat audiens sebanyak mungkin dan tentunya anda tidak salah sasaran (audiens).

Riset Kompetitor

Riset yang perlu anda lakukan tidak hanya seputar pada fitur tiktok namun juga mencakup pada kompetitor brand di TikTok. Anda bisa melakukannya dengan metode analisis SWOT agar memperoleh kelemahan, kekuatan, ancaman dan peluang dari setiap kompetitor yang ada.

Anda bisa melakukannya dengan memilh 3-5 konten dari brand kompetitor. Lalu, perhatikan konten yang mereka buat dan bagaimana respon dari audiensnya.

Menentukan Tujuan Bisnis

Tentukan tujuan bisnis anda. Ini penting agar konten anda terarah sehingga bisa menjangkau audiens baru, brand atau produk awareness, mempromosikan brand atau meningkatkan engagement dengan pelanggan.

Semua ini bisa anda lakukan mealui fitur analisis pada TikTok. Fitur ini terletak pada halaman profile, klik titik tiga di kanan atas dan pilih Business lalu Analytics.

Bereksperimen dengan Konten

Tidak ada yang tahu dan bisa menjamin bahwa konten tertentu akan berhasil. Jadi, anda bisa mencoba berbagai ide yang muncul. Bisa saja salah satu konten yang anda pilih menjadi viral dan diminati banyak orang.

Adaptasi dengan Berbagai Media Sosial

Meski anda menggunakan tiktok sebagai sarana campaign bisnis, tidak ada salahnya untuk mencari inspirasi dalam membuat konten melalui media sosial lainnya. Anda harus sering mempelajari media sosial untuk mengetahui berita atau info terbaru.

Leave a Comment

Recent Posts

Hubungi Kami

PT Hostingan Awan Indonesia
Komplek Kencana Damai
Jl Anggrek 3 Blok N.17 (30164)
Palembang. Sumatera Selatan

Email: sales@hostingan.id
Telpon: +(62)-811-157-223
WhatsApp: +(62)-811-157-223
Telegram: @hostinganid