Beberapa orang berpikir bahwa desain merek tradisional menjadi tidak relevan di zaman sekarang. Tentu saja hal ini tidak sepenuhnya benar. Namun, strategi merek perusahaan yang besar membutuhkan biaya jutaan untuk membuat desain merek, dan tidak ada CEO yang akan menghabiskan uang sebanyak itu untuk sesuatu yang tidak menghasilkan hasil atau dividen.

Jika Anda bekerja di rumah untuk biro desain atau periklanan, atau jika Anda pernah memiliki klien freelance besar di dunia korporat, Anda tahu bahwa banyak pekerjaan yang dilakukan untuk menciptakan apa yang disebut kehadiran merek di mana-mana. Hari ini, kita akan melihat mengapa desain merek sangat penting untuk kesuksesan bisnis, untuk bisnis kecil dan juga bisnis besar.

Merek akan membuat kita selalu ingat produk

Merek besar menghabiskan miliaran dalam iklan setiap tahun untuk memastikan Anda tidak pernah melupakannya. Tapi percayalah, jika mereka berhenti melakukan itu, Anda akan melihat pangsa pasar mereka turun. Yang benar adalah bahwa merek selalu mengkomunikasikan pesan. Apakah itu Coca-Cola atau Toko Sepatu di ujung jalan. Pencitraan merek adalah tentang membangun hubungan. Pernahkah Anda merasakan gemerincing di kepala Anda dari suatu iklan, atau secara tidak sadar tertarik pada merek tertentu dari suatu barang di toko? Itulah kekuatan branding.

Terserah Anda dan klien Anda untuk memutuskan pesan apa yang akan dikirim untuk audiens yang Anda layani, dan bagaimana tepatnya Anda akan membangun hubungan penting tersebut dengan mereka agar mereka tetap kembali sebagai pelanggan. Saat orang melihat logo atau situs web yang Anda rancang, mereka akan mengaitkannya dengan apa pun pesan utama klien Anda. Jadi berhati-hatilah dengan apa yang Anda pilih untuk dikaitkan dengan suatu merek. Perusahaan-perusahaan besar memiliki seluruh departemen yang mengabdikan diri untuk menjaga perusahaan tetap “pada merek” dan terhubung dengan baik dengan pasar sasaran mereka. Jika mereka salah langkah, biayanya bisa jutaan.

Orang Membayar Lebih Banyak Untuk Produk Bermerek

Kita semua melakukannya, meski kita tahu tidak ada perbedaan dalam kualitas produk. Anda akan membayar lebih banyak untuk kaos dengan desain yang keren daripada yang tidak, karena merek penting bagi Anda. Terkadang lebih banyak – bahkan jika Anda tahu bahwa kedua kemeja itu persis sama. Mereka bisa saja dibuat oleh pabrik yang sama, di pabrik yang sama, oleh pekerja yang sama. Tetapi yang satu memiliki nilai yang jauh lebih dari yang lain.

Faktanya, sebuah item dengan desain yang menarik memiliki nilai lebih sehingga terkadang dapat memperoleh pengakuan dunia untuk seluruh perusahaan hanya dari satu desain tersebut. Merek pakaian Paul Frank, dengan maskot monyetnya yang terkenal, adalah contoh yang bagus untuk fenomena ini. Ketika seniman Paul Frank Sunich mulai mencetak Julius si Monyet di dompet plastik di garasinya, dia tidak tahu bahwa karakter kecilnya akan sukses di seluruh dunia. Mungkin jika dia menyadarinya, dia akan lebih mampu melindungi kekayaan intelektualnya ketika keadaan berubah menjadi buruk antara dirinya dan mitra bisnisnya.

Barang Yang Diproduksi Secara Praktis Tidak Berharga

Dengan sendirinya. Hanya melalui mereklah segudang barang plastik murah buatan China memiliki nilai apa pun. Pikirkanlah – proses pembuatan produk telah otomatis mati. Sebenarnya manusia hanya dibutuhkan sedikit – sisa pekerjaan dilakukan oleh mesin. Itulah mengapa markup laba sangat tinggi pada barang-barang manufaktur – Anda benar-benar hanya membayar untuk merek tersebut.

Bisnis yang paling sukses memahami kekuatan sebenarnya dari merek mereka, dan mereka bekerja tanpa lelah untuk melindungi mereka dengan segala cara.

Kesimpulan

Merek membantu bisnis dalam membuat kesan abadi pada konsumen. Menjelajahi dan memahami ilmu tentang pencitraan merek yang baik akan membantu Anda membedakan bisnis Anda atau klien Anda dari persaingan, sehingga pengguna akan membicarakan tentang pengalaman mereka, apa pun yang terjadi.

Leave a Comment

Recent Posts

Hubungi Kami

PT Hostingan Awan Indonesia
Komplek Kencana Damai
Jl Anggrek 3 Blok N.17 (30164)
Palembang. Sumatera Selatan

Email: sales@hostingan.id
Telpon: +(62)-811-157-223
WhatsApp: +(62)-811-157-223
Telegram: @hostinganid